banner 728x90

Wow!!! Dua WNI Prajurit TNI Dapatkan Penghargaan Dari Negara Malaysia

banner 468x60

PONTIANAK, INDEPNEWS.Com – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti, SSos membenarkan bahwa Dua Warga Negara Indonesia prajurit TNI yang salah satunya berasal dari anggota Kodam XII/Tpr telah mendapatkan penghargaan atas jasa-jasanya kepada Negeri Sabah, anggota Federasi Malaysia.

“Prajurit  Kodam XII/Tpr yang mendapatkan penghargaan dari Negara Malaysia yaitu, Mayor Kavaleri (Kav) Jemmy Sitorustua Sitorus dianugerahi tanda kehormatan Bintang Kinabalu dan Sersan Satu Joko Eko Prasetyo mendapatkan Pingat Pengkhidmatan Terpuji,” ujar Kapendam XII/Tpr saat di konfirmasi pada Senin (13/11).

Kapendam XII/Tpr menjelaskan, pemberian penghargaan oleh pihak Istana Negeri Sabah dilaksanakan pada acara Istiadat Pengurniaan Darjah-darjah Kebesaran dan Bintang-bintang serta pingat-pingat Negeri Sabah pada tanggal 8 November 2017 di Istana Negeri Sabah.

“Bintang kehormatan yang dianugerahkan berupa Bintang Kinabalu (BK) yang disematkan langsung oleh Tuan Yang Terutama Tun Datuk Seri Panglima (DR)  Haji Juhar bin Datuk Haji Mahiruddin, Yang di-Pertua Negeri Sabah,” jelas Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr memaparkan, kegiatan yang telah dilakukan oleh para
prajurit TNI tersebut pada masa bhakti ILO adalah  Menyukseskan kegiatan Tim Perancang Operasi Darat (TPOD)  Malindo yg diselenggarakan di Kota Kinabalu pada tahun 2016, kemudian mereka juga turut dalam kegiatan Unit Commander Meeting (UCM) baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun di Malaysia, Menyukseskan kegiatan Patroli Terkoordinasi yang dilakukan oleh Satgas Pamtas keduabelah negara yaitu Indonesia dan Malaysia.

“Dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh dua prajurit TNI, tertama membantu pihak yang berwenang di Sabah dalam memonitor aktifitas masyarakat Indonesia yang menetap di Sabah dengan cara selalu mendatangi beberapa lokasi – lokasi yang menjadi tempat tinggal masyarakat Indonesia dan menyampaikan beberapa hal utk tidak melanggar peraturan yang berlaku di Sabah,” papar Kapendam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr menilai, dirinya selaku pempublikasi kegiatan TNI, berkewajiban menyampaikan informasi tentang Kodam XII/Tpr ke luar intern TNI, dan juga mengapresiasi kepada para prajurit TNI yang berhasil mendapatkan penghargaan dari negara Malaysia.

“Publikasi ini nantinya menjadi catatan kebanggaan bagi perorangan, khususnya bagi yang bersangkutan dan juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi instansi militer kedua belah negara, yaitu antara TNI dan Angkatan Bersenjata Malaysia,” jelas Kapendam XII/Tpr.

Ditempat berbeda, Mayor Kavaleri (Kav) Jemmy Sitorustua Sitorus mengungkapkan, dirinya sangat merasa senang dan bangga atas penghargaan yang diberikan oleh Negara Malaysia kepada dirinya.

“Perasaan saya sangat senang dan tak terbayangkan akan memperoleh penghargaan dari negara lain,  terlebih dalam hal ini penghargaan itu diberikan dari pihak Istana Negeri Sabah,  yang konon katanya sangat memiliki nilai lebih dibandingkan negeri lain yang ada dalam federasi Malaysia. Dan semoga ini dapat menjadikan motivasi bagi rekan – rekan lain yang bertugas di Luar Negeri untuk tetap menjaga nama baik Indonesia dimanapun kita berada,” pungkasnya.

 

(Viky / Tim)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan