banner 728x90

Pol Airud Kembali Temukan Puluhan Batang Kayu Hasil Pembalakan Hutan Tampa Ijin  

banner 468x60
Spread the love

KUBU RAYA, INDEPNEWS.Com – Dit pol air Polda Kalbar berhasil mengamankan satu tersangka dengan inisial US dan berhasil menyita ribuan keping dan puluhan batang kayu yang diduga illegal saat menyusuri perairan dusun sedayu kecamatan sui raya kabupaten Kubu Raya, (3/01/2018) kemarin.

Dir Polair Polda Kalbar Kombes Pol Alex Fauzi Rasad melalui Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalbar AKBP Gusti Maychandra menuturkan, hal ini terungkap saat personil, menyusuri perairan dusun sedayu, kecamatan sungai raya Kabupaten Kubu Raya.

Pada saat menyusuri perairan dusun Sedayu Kec. Ambawang kabupaten Kubu Raya pihaknya menemukan sekitar kurang lebih 2.390 keping kayu olahan dan 41 batang kayu bulat Illegal yang berjenis kayu mahang, kayu cempedak air dan kayu Gawang.

“Dari pengembangan yang kita lakukan, pelaku mendapatkan kayu dari hutan yang tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan Kayu ( SKSHK),” katanya, jum’at (05/01/2018).

Ia pun menuturkan, tersangka saat ini sudah diamankan di Ditpolair Polda Kalbar dan barang bukti telah di amankan di Marnit Suka lanting Pol Air Polda kalbar.

Dari penanganan kasus ini, lanjutnya, tersangka akan dikenakan dengan pasal 83 ayat 1 huruf e, junto pasal 12 huruf b. UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan.

“Dengan ancaman pidana kurang lebih 5 tahun penjara dan denda 2,5 Miliar,” pungkasnya.

Pada hari Rabu 3 Jan 2017 sekira pukul 17.05 Wib, TKP di tepi perairan dusun sedayu desa Pulau Limbung  Kec. Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Pers Subdit Gakkum dan Satrolda Dit Polair laks giat pengembangan lidik dengan menggunakan KP Datu VI-2004 telah melakukan pemeriksaan sawmil mini milik sdr. US yang beralamat di RT/RW 14/05 dusun Sedayu desa Pulau Limbung Kec. Sungai Raya kab. Kubu Raya.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan :

  1. kayu bulat sebanyak 41 batang
  2. kayu olahan 2390 keping dgn jenis kayu mahang, cempedak air dan gawang
  3. Motor air tanpa nama bermuatan kayu olahan
  4. Satu buah mesin gergaji tangan (mesin sinso)
  5. Pemilik sawmil tidak berada di tempat.

Kronologi :

  1. Pukul 11.00 WIB tim subdit Gakkum dan anggota speed KP. Datu VI-2004 berangkat dari Pontianak menuju desa pulau limbung
  2. Pukul 13.21 wib mengisi BBM di sungai rasau
  3. Pukul 17.05 wib melakukan pemeriksaan terhadap sawmil mini tanpa nama milik sdr. US

Pasal yg disangkakan : Pasal 83 ayat 1 huruf b UU RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

Tindakan yang telah dilakukan :

  1. Mengamankan BB beserta motor air tanpa nama
  2. Pulbaket masyarakat sekitar sawmil terkait keberadaan sdr. US
  3. Membawa/menitipkan BB berupa Kapal tanpa nama bermuatan kayu olahan di Marnit Suka Lanting.

Rencana tindak lanjut :

  1. Melakukan penyelidikan dalam rangka mencari keberadaan sdr. US
  2. Gelar Perkara.
  3. Membuat LP model A.
  4. Giat Riksa Saksi
  5. Giat Riksa Saksi Ahli
  6. Lengkapi Mindik.

( Tim Reporter )

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan