banner 728x90

Kebudayaan Karapan Sapi Madura Hadirkan Wisatawan Dunia

banner 468x60
Spread the love

PAMEKASAN, INDEPNEWS.Com – Festival karapan sapi yang memperebutkan Piala Presiden di Stadion R. Sunarto Pamekasan beberapa minggu lalu diikuti sebanyak 24 pasangan sapi Madura, ke-24 pasangan sapi karapan ini merupakan pasangan sapi pilihan dari empat kabupaten di Madura mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep mengirim enam pasang sapi karapan.

Dengan rincian, tiga pasang sapi karapan di bagian ‘menang’, sedangkan tiga pasang lainnya di bagian ‘kalah’,” kata Sekretaris Bakorwil IV Pamekasan, Tajul Arifin. Kepada koran ini. Dan berbagai jenis kesenian tradisional ditampilkan mengawali karapan sapi penutup (gubeng) yang merupakan kegiatan rutin tahunan di Pulau Garam.

Di antaranya, seperti tari-tarian tradisional Madura dan pergelaran musik tradisional. Selain itu sejumlah wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing, sejak Minggu pagi sudah terlihat di lapangan stadion Pamekasan.

Wisatawan yang hadir menyaksikan festival ini masing-masing dari Inggris, Amerika, Jepang, Jerman, Belanda, Slovakia, Spanyol, Mesir dan Argentina.Ujar Kepala Bakorwil IV Madura Edy Santosa.

Para wisatawan mancanegara ini datang khusus untuk menyaksikan karapan sapi. Tapi ada juga yang karena mampir ke Pamekasan, setelah sebelumnya melakukan perjalanan keliling pulau madura.

 

( idi/srj/man )

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan