banner 728x90

Inilah Himbauan Kesbangpol Provinsi Kalbar Kepada Ormas

banner 468x60

PONTIANAK, INDEPNEWS.Com – Kasubdit Organisasi Masyarakat (Ormas) Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat Husna Sabri mengimbau kepada seluruh Ormas – ormas yang ada di wilayah Kalimantan Barat untuk mendaftarkan keberadaannya ke Kesbangpol Provinsi kalbar guna membangun bangsa dan mensejahterakan masyarakat.

“Adanya ormas – ormas kan adalah untuk menampung aspirasi – aspirasi masyarakat, jadi jika belum mendaftarkan diri maka pemerintah juga akan sulit mengontrol dan mengawasinya,” ujar dia saat dijumpai pada Selasa (17/10) sore.

Dirinya menerangkan, keberadaan ormas – ormas yang belum mendaftar di Kesbangpol tidak bisa mendapatkan fasilitas dari pemerintah, dikarenakan pemerintah tidak bisa memberikan fasilitas kepada ormas – ormas yang belum mendaftarkan organisasi mereka kepada Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat.

“Karena hal itu sudah diatur dan sudah sesuai dengan ketentuan – katentuan yang berlaku. Mulai dari pengawasan keberadaan seperti kegiatan ormas tersebut sampai dengan melakukan pembinaan kepada ormas – ormas tersebut,” ucap dia.

Dirinya menerangkan, persyaratan setiap ormas – ormas yang ingin mendaftar ke Kesbangpol Provinsi masih sama seperti biasa, seperti melampirkan Surat Domisili, NPWP, AD ART dan sebagainya, sesuai dengan undang – undang pasal 16 ayat dua.

“Dan jika kita mencermati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Pemerintah tidak bisa memutuskan sebuah ormas sebagai ilegal dan Legal, dikarenakan semua hal yang dilakukan, pasti mempunyai konsekuensi. Jika dia mau bermitra dengan pemerintah, pemerintah bisa memberikan bantuan kepada ormas tersebut, tapi jika tidak, maka pemerintah juga tidak akan bisa memberikan bantuan,” tutup dia.

 

(Viky / Pauziah / Tim)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan