banner 728x90

Ekstrakurikuler Pramuka Diyakini Mampu Dorong Tercapainya Tujuan Pendidikan  

banner 468x60
Spread the love

KUBU RAYA, INDEPNEWS.Com – Kepala Bidang Pembinaan SMP, pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kabu Raya Syariff Firdaus Al – Qadri mengatakan Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti setiap siswa – siswi disetiap sekolah, sesuai dengan aturan pemerintah yang mewajibkan hal tersebut.

“Karena kegiatan pramuka ini diyakini benar mampu mendorong tercapainya tujuan pendidikan. Diantaranya menciptakan kemandirian siswa. Jadi anak – anak dilatih dengan berbagai macam latihan dan keterampilan, sehingga efeknya akan sangat bermanfaat bagi anak – anak dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. Baik itu semasa sekolah, maupun selepas ia tamat sekolah,” ujar dia saat dijumpai diruangannya pada Rabu (17/1) pagi kemarin.

Menurutnya, penganggaran secara berkala terkait dengan aturan atau regulasi tentang kegiatan pramuka sebagai ekstrakurikuler yang harus dilaksanakan di sekolah itu. Pihak Disdikbud Kabupaten Kubu Raya akan menstimulus atau mensupport kegiatan tersebut, jika dapat terlaksana dengan baik.

“Sementara ini, terkait dengan penganggaran pramuka ini memang belum ada, karena sifatnya yang masih ekstrakurikuler. Artinya sekolah dipersilahkan menggunakan, dan menganggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada disekolah itu. Untuk memberikan semacam insentif bagi para instruktur atau pelatih pramuka yang bernaung di dalamnya,” terang dia.

Terkait besarannya, pihak Disdikbud Kabupaten Kubu Raya belum bisa mematok. Jadi tergantung kemampuan sekolah masing – masing.

“Jika sekolah itu besar, dan muridnya banyak, tentu sekolah tersebut akan mampu untuk memberikan insentiv yang layak dan cukup untuk pelatih pramuka itu. Namun kita juga harus bisa memaklumi jika sekolah itu kecil, siswanya sedkit, BOS nya juga tentu akan sedikit, tentunya tidak akan mampu memberikan insentiv yang besar,” tutup dia.

 

(Viky / Tim Reporter)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan