banner 728x90

Delapan Macam Makanan Pencegah Kanker Payudara

banner 468x60

INDEPNEWS.Com – Kementerian Kesehatan mencatat kanker payudara sebagai penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit ini tentu sangat mengancam Mama, ya. Beberapa ahli mengatakan kanker payudara disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan. Namun, ada beberapa jenis makanan pencegah kanker payudara yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi risikonya.

  1. Kacang
    Kacang merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Jenis makanan ini dapat mencegah kanker payudara dengan cara menjadi penghalang antara zat berbahaya. Dengan pengolahan yang tepat, kacang juga dapat melindungi Mama dari penyakit jantung dan diabetes.
  2. Brokoli
    Sayuran ini memang menjadi salah satu sayuran yang paling punya banyak manfaat. Ia mengandung banyak serat, kalsium, serta vitamin C, sehingga dianggap dapat dikategorikan sebagaimakanan pencegah kanker payudara. Selain itu, brokoli juga sangat mudah untuk didapatkan. Mama bisa mengolahnya jadi sayuran tumis atau salad.
  3. Bawang putih
    Meski baunya tak sedap, bawang putih mengandung zat pelawan kanker yang disebut allicin. Zat ini mampu membantu mengurangi setiap peradangan yang muncul di tubuh Mama. Ia juga punya fungsi antioksidan yang sama seperti brokoli.
  4. Buah Beri
    Strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry menjadi deretanmakanan pencegah kanker payudarayang kaya akan vitamin C. Antioksidan juga menjadi kandungan terpenting dalam buah beri. Selain itu, buah-buahan ini juga memiliki rasa yang enak.
  5. Anggur
    Tahukah Mama sebutir anggur jauh lebih bermanfaat ketika dimakan dengan kulitnya? Kulit anggur memiliki kandungan yang bernama resvetarol. Kandungan ini dapat menjadipencegah sel kanker terutama yang tumbuh di sekitar payudara.
  6. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Ternyata, kunyit memiliki bahan aktif yang bernama kurkumin. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapatmencegah sel kanker.
  7. Labu
    Labu mengandung serat yang tinggi serta rendah kalori. Selain itu, labu sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium. Zat karotenoid yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker. Penyakit katarak juga dapat dicegah oleh karotenoid. Labu yang direbus menjadi rekomendasi makanan ringan untuk Mama.
  8. Lemon
    Siapa sangka lemon bisa menjadi makanan pencegah kanker payudara? Rasanya sangat segar, dan kulitnya mengandung terpen yang dapat mencegah kanker. Lemon bekerja dengan mencegah pembelahan sel kanker. Mama bisa mencampurkan lemon yang telah dipotong-potong ke dalam air putih untuk diminum. Atau, parut kulitnya dan campurkan dalam aneka adonan cake dan cookies. Sekadar info, kulit lemon berkhasiat menurunkan kadar kolesterol lo, Mam!

 

( Nkn / FF ) 

 

banner 468x60
Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan