banner 728x90

Begini Amanat Kapolres Pada Upacara Puncak Peringatan Hari Pahlawan 2017

banner 468x60

KEPULAUAN SELAYAR, INDEPNEWS.Com – Puncak peringatan hari pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November setiap tahunnya digelar secara terpusat di lapangan upacara Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan pada hari Jum’at, (10/11).

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsul Ridwan, SIK yang bertindak selaku inspektur upacara tampil menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa pada rangkaian peringatan hari pahlawan, 10 November 2017.

Mengawali amanatnya, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsul Ridwan, SIK menyampaikan rasa syukur atas limpahan rahmat dan karunia kesehatan jasmani, rohani, kekuatan mental spiritual serta kesadaran untuk terus mengemban semangat juang yang tegak dan berdiri di atas cita-cita proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Dikatakannya, hari pahlawan diperingati secara rutin oleh seluruh elemen bangsa Indonesia pada setiap tanggal, 10 November untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, dan perintis kemerdekaan, para pendiri  Republik Indonesia dengan segenap pemikiran, tindakan, dan gerakan perjuangan kolektif yang telah mereka lakukan, sehingga kita semua dapat menikmati alam kedamaian di atas Bumi Indonesia sebagai bangsa merdeka bangsa yang sederajat dengan bangsa lain dan bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Syamsul Ridwan mengingatkan, para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting bahwa setelah diraihnya kemerdekaan, bangsa Indonesia akan memasuki tahapan kehidupan bernegara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Pesan fundamental yang merupakan titipan para pendiri bangsa Indonesia menjadi inspirasi dan latar belakang tema peringatan hari pahlawan 2017 yang mengamanatkan seluruh elemen bangsa Indonesia untuk senantiasa tampil memperkokoh persatuan dalam membangun negeri, terang orang nomor satu di lingkungan institusi Polri Kepulauan Selayar itu, dihadapan seluruh peserta upacara peringatan hari pahlawan tahun 2017 yang melibatkan seluruh jajaran personil satuan dari Mako Polres Kepulauan Selayar, Kodim 1415/Kepulauan Selayar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), barisan Korps pegawai Republik Indonesia (Korpri), Personil Pos SAR, barisan drum band, barisan pelajar, dan pegawai dari lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD).

Upacara peringatan hari pahlawan turut dihadiri Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali didampingi tim Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  jajaran Asisten, bersama segenap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemkab, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, Pengurus Bhayangkari Cabang Kepulauan Selayar, Kepala BUMN dan BUMD.

Rangkaian upacara peringatan hari pahlawan diakhiri dengan pemberian santunan dari Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar yang diberikan kepada dua puluh tujuh orang perwakilan keluarga pahlawan.

Upacara tabur bunga di atas pusara pahlawan yang dipusatkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugiaia, Kecamatan Bontomanai yang disusul dengan upacara pelarungan karangan bunga di Dermaga Rauf Rahman Benteng menutup seluruh rangkaian puncak peringatan hari pahlawan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

 

(Fadly Syarif)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan