Wagub Emil Meminta Seluruh ASN Pemprov Jatim Tingkatkan Antisipasi Bencana Banjir

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – 2 Januari 2020 Mengawali tahun 2020, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memimpin Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya.

Dalam sambutannya, Emil Dardak panggilan akrab Wagub Jatim meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim untuk ikut meningkatkan antisipasi bencana banjir.

“Sesuai instruksi dari Ibu Gubernur meminta kita melakukan langkah-langkah antisipasi bencana banjir. Meningkatkan kesiapsiagaan kita, kewaspadaan kita,” ucapnya. Kamis, (02/1/2020)

“Lebih lanjut disampaikannya, diharapkan semua bisa ikut mempersiapkan dan memastikan langkah-langkah yang dapat dilakukan nantinya ketika banjir terjadi.

Untuk semakin memantapkan langkah antisipasi, dirinya bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan melakukan pengamatan terhadap kesiapan dalam menghadapi banjir.

“Jangan sampai kemudian kita tidak memiliki kesiapan walaupun ini bukan hanya di level provinsi, tetapi juga kabupaten/kota,” tegas Mantan Bupati Trenggalek.

Berdasarkan laporan seminggu terakhir dari BPBD Jatim, lanjutnya, sebenarnya sudah terjadi banjir di beberapa daerah meskipun skalanya masih belum besar. Seperti di wilayah Bojonegoro, Madiun untuk Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo. Sedangkan untuk Daerah Aliran Sungai Brantas terjadi pada Mojokerto di Kali Sadar.

“Di titik-titik inilah yang akan segera kita koordinasikan. Kepada Kepala Bakorwil terkait diharapkan untuk bisa meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi,” katanya.

“Selain itu, Emil Dardak juga meminta pengabdian sebagai insan Pemprov Jatim tidak dibatasi oleh DIPA, sehingga harus terus mencari langkah-langkah kreatif menangani masalah dari apa yang tertulis dalam DIPA.

“Pada kesempatan yang sama, Emil Dardak menyampaikan tahun 2019 capaian ekonomi Jatim relatif dikatakan mampu membuat optimisme dan perlu disyukuri dengan kondisi global cukup menantang. Karena dari angka perbankan dan pertumbuhan cukup baik.

“Jangan kita berpuas diri, karena tentunya persaingan semakin ketat. Kita di Jatim harus senantiasa meningkatkan. Banyak hal baik yang bisa kita teruskan. Tetapi hal baik tersebut bisa kita tingkatkan,” imbuhnya.

Apel pagi dihadiri Wagub Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, pejabat eselon III, IV, dan staf di lingkungan Sekretariat Daerah Prov. Jatim, Bappeda Prov. Jatim, BPKAD Jatim, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jatim, Satpol PP Jatim, Sekretariat DPRD Jatim. (ari)

Tag:
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan