banner 728x90

Demonstran Minta Usut Tuntas Korupsi di PT. KCN, Saat Gelar Aksi di KPK

Spread the love

JAKARTA, INDEPENDENTNEWS.ID – Puluhan demonstran dari PTKCN kembali berunjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Koordinator aksi, Rusman yang juga koordinator ketua BEM Se-Bekasi mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dan masyarakat terhadap aset negara.

“Kami sangat peduli dengan keberadaan aset negara oleh karena itu kami meminta KPK Usut tuntas korupsi dan suap yang terjadi di Dermaga Marunda.” ujar Rusman

Setidaknya ada beberapa tuntutan yang disuarakan massa demonstran, antara lain panggil Direktur Keuangan PT. KCN, tangkap Dirut PT. KCN, Usut kerugian negara yang disebabkan oleh Dirut PT. KTU, Periksa dugaan gratifikasi oleh mantan Kepala KSOP V Marunda.

“KPK harus segera periksa dan tangkap Dirut PT. KCN Widodo Setiadi, DIRUT PT. KTU Wardono Asnim, mantan
Kepala KSOP V Marunda Suryanto, dan Heri Purwanto” tegasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa negara dirugikan atas perjanjian konsesi yang dilakukan oleh PT. KCN dengan KSOP V marunda /Dirjen pelabuhan.

Selain itu adanya indikasi Suap yang dilakukan oleh direktur PT. KCN kepada mantan kepala KSOP merupakan hal yang merugikan negara.

“Tolong KPK segera tangkap Suryanto mantan Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Marunda, karena menerima dana dari Dirut PT. KCN untuk tim pengawas pengerukan alur dan kolam sebesar 8 juta perbulan di amplop tertutup melalui Margono” ujar Rusman

Dalam aksi tersebut, demonstran juga membakar foto Dirut PT. KCN di depan Gedung KPK.

“Dengan terbakarnya foto terduga tindak pidana suap dan gratifikasi ini, sebagai tanda bahwa masyarakat  melawan tindakan korupsi yang menyebabkan hilangnya aset negara” ujar demonstran.

Aksi unjuk rasa berlangsung kondusif dengan dikawal puluhan petugas berseragam polisi. Massa membubarkan diri dengan tertib setelah satu jam berorasi sejak pukul 15.30 WIB. (Har)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan