banner 728x90

Alhamdulillah Boyolali Turun Hujan, Meski Ada Yang Kekurangan Air Bersih

Spread the love

BOYOLALI, INDEPENEWS.Com – Di sejumlah wilayah di Boyolali, kota yang dikenal dengan kota susu sudah mulai turun hujan, meski begitu masih ada wilayah yang masih membutuhkan air bersih. Seperti dialami warga tiga kecamatan di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), yakni Kecamatan Juwangi, Kecamatan Kemusu dan Kecamatan Wonosamudro.

Kekurangan air bersih seiring menipisnya ketersediaan sumber air di setiap mata air di masing-masing wilayah kekeringan.
Kondisi itu, memantik kepedulian relawan Mitra Jokowi (MiWi) Soloraya turun ke lokasi-lokasi belum terjamah bantuan air, Sabtu (2/11/2019). Alokasi dropping terpaksa dialihkan ke lokasi paling membutuhkan setelah lokasi awal sudah diguyur hujan.

Koordinator Lapangan (Korlap) MiWi Soloraya Dr Nanik Herawati, menyatakan bantuan air bersih ke Boyolali wujud kepedulian relawan mitra Jokowi Soloraya dan Jakarta dalam bersinergi.

“Kemarau panjang melanda di sejumlah daerah sehingga membuat warga di lokasi kekeringan membutuhkan air bersih. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Kami mengundang rekan-rekan relawan MiWi bersatu dan bergabung membantu air bersih,” katanya.

Dia mengaku senang bersama-sama relawan MiWi peduli berbagi sesama disaat saling membutuhkan.

“Air adalah sumber kehidupan sangat vital. Kami tergerak bersama-sama relawan setempat saling bahu membahu untuk membantu. Tiga kecamatan mendapat prioritas pengiriman air bersih, yakni Kecamatan Kemusu, Juwangi dan Wonosamudro, Boyolali.”

Di Dusun Ngargotirto, Desa Genengsari, Kecamatan Kemusu, warga menyampaikan dropping air dinikmati sebulan sekali. Menurut warga terdampak bantuan air bersih hanya cukup untuk tiga hari saja. Satu tangki air bersih dinikmati oleh warga satu rukun tetangga. “Hari ini bantuan air bersih setiap RT dialokasikan satu tangki. Seperti di Dusun Kedung Kresek, Desa Kalitlawah, Kecamatan Juwangi ada empat RT maka dialokasikan empat tangki,” jelasnya.

Tak menyebutkan secara pasti jumlah tangki yang dialokasikan namun Nanik mengatakan setiap RT mendapatkan alokasi satu tangki.

Beberapa lokasi mendapatkan bantuan air bersih dari relawan MiWi, yakni selain Dusun Kedung Kresek, Desa Kalitlawah juga Dusun Ngaren, Desa Ngaren, Kecamatan Juwangi, warga Dusun Ngargotirto, Desa Genengsari, Kecamatan Kemusu. Kemudian warga Dusun Jatirompol, Desa Klewor, Kecamatan Kemusu, warga Desa Ngasinan, Kecamatan Wonosamudro dan warga Desa Bandung, Kecamatan Wonosamudro.(Taufiq)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan