banner 728x90

SELAMAT DATANG INCOTERMS 2020 dalam Perdagangan International Export Import

Spread the love

JAKARTA, INDEPNEWS.Com – Dalam Perdagangan international Export import Incoterms sangatlah  penting karena memberikan fasilitas persyaratan kontrak yang jelas dan detail untuk pengiriman cargo.

Hal ini memudahkan kedua belah pihak Seller dan Buyer dengan jelas menentukan titik pengiriman dan tanggung jawab (RESPONSIBILITY) penjual, risiko (RISK), dan biaya (COST).

Pertama kali didirikan pada tahun 1936, Incoterms ditinjau setiap 10 tahun dan saatnya kita akan menyambut dan mengaplikasikan INCOTERMS 2020.

 Incoterms 2020 mulai berlaku pada 1 Januari 2020. Namun demikian kita dapat mulai menggunakan Incoterms 2020 sebelum 1 Januari 2020, apabila kontrak terebut akan mulai berlaku setelah 1 Januari 2020.

Sisi lain pelaku bisnis masih bisa menggunakan Incoterms 2010 tidak perlu beralih ke Incoterms 2020 jika secara jelas ditentukan dalam suatu Kontrak Perdagangan.

Tentu saja, lebih baik kita mengikuti aturan yang lebih update Perbarui standar kontrak anda untuk memperbaruinya untuk merujuk ke ICC Incoterms® 2020.

Apa saja perubahan utama dalam Incoterms® 2020

1. DAT diubah menjadi DPU

2. Ganti asuransi di CIP / CIF

3. Derail Cost dipelabuhan dan tempat pengiriman lebih diperjelas

4. Persyaratan keamanan container berupa Verified Gross Mass yang berstandar  International yaitu SOLAS (Internatinational Convention for Safety  of Life  At Sea)

5. Kententuan Seller / Buyer menggunakan transportasi sendiri

6. Incoterms FCA, FOB dan hubunganya dengan Bill Of Lading

Ditulis by Sutomo Asngadi, SS, MM :
Consultant/Executive Trainer Management Export Import Public and In House Training

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan