banner 728x90

Bakamla RI/IDNCG Menghadiri HLM for the 15th HACGAM di Colombo

Spread the love

SRILANKA, INDEPNEWS.Com – Perwakilan Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dan Polair yang tergabung sebagai Delegasi Republik Indonesia (Delri) dipimpin Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla T.S.N.B. Hutabarat, MMS, menghadiri High Level Meeting (HLM) for the 15th Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM), di Colombo, Srilanka, beberapa hari lalu.

HACGAM merupakan pertemuan antar institusi coast guard dan badan penegak hukum laut dengan fungsi coast guard di kawasan, yang menjadi platform pertukaran best practise, informasi, dan kerja sama untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan laut. Dari 4 pilar yang ada yaitu Environmental Protection (EP), Search and Rescue (SAR), Capacity Building (CB) dan Preventing and Controlling Unlawful Acts at Sea (PCUAS), Indonesia menjadi Chair untuk pilar Capacity Building.

Sebagai lead Capacity Building, Bakamla RI/IDNCG telah melaksanakan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) hasil kerja sama dengan ABF, serta melaksanakan program peningkatan kapasitas khusus untuk negara anggota HACGAM di Jakarta Center for Law Engorcement Cooperation (JCLEC),  Semarang. Dalam pertemuan yang berlangsung 7-10 Oktober 2019 itu, diusulkan pula pembentukan linkage antar working group pilar lainnya agar dapat saling berkontribusi dalam peningkatan kapasitas, baik dalam bentuk pengiriman pembicara, pelatih, maupun fasilitasi tempat pelatihan, dengan melibatkan seluruh negara anggota dan observer. Usulan itupun telah disepakati oleh seluruh anggota HACGAM dan Cross Working Group Meeting akan mulai dilaksanakan pada WLM berikutnya.

Pertemuan juga menyepakati pelatihan yang akan dijalani oleh seluruh anggota Capacity Building Working Group (CBWG) yaitu Communication Training dan Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) Tarining. Selain itu delegasi Indonesia juga menyatakan keinginannya untuk turut serta dalam kegiatan working group lainnya seperti SAR, dan EP, yang mana hal tersebut disambut baik oleh seluruh negara anggota HACGAM.

Usai pertemuan HLM, Bakamla RI/IDNCG melaksanakan pertemuan bilateral dengan coast guard dari berbagai negara antara lain Australian Border Force (ABF), Sri Lanka CG, India CG, Philipine CG, Vietnam CG, Singapore Police CG, dan Korea CG. Selain itu berlangsung pula pertemuan bilateral dengan RSO Bali Process, ReCAAP ISC, dan Maldives National Defence Force.

Hasil dari bilateral meeting dengan Maldives National Defence Force dan Srilanka CG, Bakamla RI/IDNCG berencana menjajaki kerja sama di bidang keamanan maritim. (Letkol Bakamla Mardiono)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan