banner 728x90

DR H Endar Susilo SH MH : UPT Poliklinik Bhayangkara Polres Brebes Bisa Dijadikan Contoh

Spread the love

BREBES, INDEPNEWS.Com – Mendengar kabar tentang pelayanan yang bagus yang dilakukan oleh Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Kekerasan Seksual Pada Anak (KSPA) Poliklinik Bhayangkara Polres Brebes, terutama terkait penanganan korban pidana kekerasan terhadap anak, maka Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KOMNAS ANAK) Provinsi Jawa Tengah
DR H Endar Susilo SH MH dengan menggandeng beberapa wartawan mendatangi PPT KSPA Klinik Bhayangkara yang beralamatkan di Jln Bhayangkara No.2 Komplek Aspol 1, Kota Brebes Jawa Tengah untuk mengecek kebenaran berita tersebut.

Bertemu langsung dengan Dr Nani Yulia MCH CHT yang merupakan dokter di Poliklinik tersebut, Endar mendapatkan keterangan secara rinci tentang proses penanganan anak yang tersandung masalah hukum, termasuk langsung melihat lokasi sampai di setiap sudut ruangan tempat tersebut.

Dr Nani menjelaskan bahwa selain klinik kesehatan umum Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Polikinik Bhayangkara Polres Brebes melalui PPT KSPA juga fokus menangani kesehatan kekerasan terhadap anak, baik kekerasan biasa maupun kekerasan seksual.

“Kenapa dinamakan PPT? Karena di Unit kami ini merupakan satu tempat pelayanan terpadu, mulai dari pelayanan dokter anak, ahli psikolog serta penegakan hukum yaitu oleh Unit PPA Polres Brebes sehingga anak tidak perlu dibawa ke mana – mana dalam menangani kasus hukum dan pemulihan kesehatan fisik dan mentalnya. Setelah dari PPT ini pun kami sudah mempunyai Rumah Aman yang siap menampung Anak korban kekerasan sehingga anak betul mendapat pemulihan baik pemulihan fisik maupun fisikisnya,” jelas Dr Nani.

Endar menyampaikan, “kami, Komisi Nasional Perlindungan Anak Jawa Tengah memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang sangat besar kepada Polres Brebes yang mempunyai sarana yang lengkap untuk menangani perkara anak.”

Disampaikan lebih lanjut oleh Endar, “di tempat ini sangat lengkap sekali pelayanan yang diberikan mulai tempat untuk meminta keterangan kepada anak (ruangan Berita Acara Pemeriksaan), ruangan bermain dan tempat periksa kesehatan atau klinik kesehatan yang bernuansa anak dengan dinding bergambar yang menarik buat anak serta terdapat banyak permainan anak, sehingga anak akan merasa nyaman lebih nyaman dari rumah sendiri. Hal seperti ini wajib ditiru oleh Polres yang lain di seluruh Indonesia,” ujar Endar Susilo.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Polres Brebes selain memiliki banyak mobil ambulan, Polres Brebes bekerjasama dengan Dinas Kesehatan juga memiliki Ambulans Motor atau sepeda motor yang didesain untuk menjadi ambulan yang bisa menerobos di tengah kemacetan lalu lintas dan bisa masuk ke gang sempit atau jalan sempit untuk membantu melakukan pertolongan pertama bagi pasien dalam keadaan darurat yang tidak bisa di jangkau dengan mobil ambulan. (Jak/Red)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan