banner 728x90

Mendikbud RI Ikut Kerjasama Wujudkan Satu Desa Satu PAUD dengan PB HMI

Spread the love

JAKARTA, INDEPNEWS.Com- Meledaknya angka produktif penduduk Indonesia menjadi isu strategis bagi pemerintah agar ditindaklanjuti secara sistemik, massif dan berkelanjutan.

Isu tersebut juga ditangkap oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) melalui Bidang Ekonomi dan Pembangunan PB HMI bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengusung tema seminar nasional “Mewujudkan Generasi Unggul dan Berkualitas melalui Gerakan Satu PAUD Satu Desa”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kerjasama dalam kegiatan tersebut.

Andi Rifqi Ikram mengungkapkan, pada dasarnya, PB HMI dan LKMI memfasilitasi kegiatan ini adalah pendidikan anak usia dini yang seringkali terpinggirkan dalam diskursus pemerintah dan masyarakat, sedangkan investasi SDM terkhusus anak usia dini harus menjadi agenda prioritas untuk memetik ‘bonus demografi’.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Umum PB HMI, Respiratori Saddam Al Jihad. Saddam menyatakan, untuk mendorong kemajuan suatu negara perlu adanya Collaborative Governance lintas kementerian, BUMN, Swasta dan aktivis mahasiswa.

“Kolaborasi ini harus difasilitasi oleh middle class (baca: mahasiswa) sebagai kelompok bebas nilai, sehingga pembangunan yang berkelanjutan akan menjadi kenyataan, termasuk dalam menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang unggul dan berkualitas,” beber Saddam di Hotel All Seasons Thamrin, Jakarta. Kamis, (29/8/3019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel All Seasons Jakarta dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang yang berasal dari berbagai daerah yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Perwakilan Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, BKKBN dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kegiatan ini, selain forum seminar, juga ada penandatanganan komitmen (Mou) dengan Kementerian terkait untuk mewujudkan program Satu Desa Satu PAUD sebagai bentuk integrasi dan keterpaduan program,” ungkap Abdul Muis Amirudin selaku Ketua Bidang Ekonomi Pembangunan PB HMI. (Ari)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan