banner 728x90

Gubernur Khofifah Resmi Membuka Rakerda DPD KNPI Jatim

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Rakerda kali ini mengusung tema, “46 Tahun KNPI, Semangat Kebangsaan Pemuda Indonesia untuk Perubahan dan Kemajuan Bangsa”, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansyah di Gedung Grahadi, Surabaya.

Menurut Ketua Panitia Rakerda KNPI, Sumardi dalam sambutannya mengatakan, menyambut HUT KNPI ke-46 kali ini, mengagendakan Rakerda yang akan menjadikan Indonesia menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) dan pemuda. “Kami menyelenggarakan mix-tour yang akan dilangsungkan mulai dari Pacitan, Kediri, Lamongan, Pamekasan, Mojokerto dan Jember,” ucapnya. Rabu, (14/8/2019).

Sumardi yang juga Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan dan Masyrakat Urban KNPI Jatim ini, mengatakan, KNPI juga membuka boot bersama vendor di Probolinggo. Ada 20 sampai 30 boot dari vendor yang  khusus menampilkan produk-produk yang dihasilkan organisasi kepemudaan Jatim.

Ditambahkan Sumardi, agenda selanjutnya pada bulan Agustus ini akan melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan STT PLN untuk mengubah sampah dijadikan tenaga listrik dan dikelola desa.

Ini mengingat baru 50% akses bersih yang dipasok di Trenggalek.  Agenda acara KNPI  sejak Agustus sampai Oktober dilakukan secara berkelanjutan dan bekerjasama dengan vendor. Kegiatan selalu disesuaikan dengan perubahan yang terjadi di Jatim.

“Apa yang ibu Gubernur Khofifah perintahkan, kami siap menjalankan. Kami akan support dan jalankan, agar pemuda Jatim lebih bersemangat untuk memajukan Jatim. Untuk menjadikan Jatim Hebat, Jatim Jaya,” tegas Sumardi.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jatim Moh Nur Arifin menegaskan, pihaknya menginginkan pemuda Jatim menjadi prototipe nasional. “Kita dukung kerja Gubernur Jatim. Jatim akan menjadi lokomotif abad 21. Mari  membawa Indonesia menjadi lebih baik,” terang Moh Nur Arifin.

Senada dengan Arifin, Ketum DPP KNPI, Noer Fajriansyah, pihaknya berkomitmen menjaga Jatim menjadi hebat. “KNPI merupakan mitra strategis pemerintah dan berada di barisan terdepan Jatim,” tuturnya.

Dalam sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansyah mengatakan, KNPI dan pemerintah akan terbangun komunikasi dan koordinasi yang saling pengertian.

“Komitmen dan tekad pemuda Jatim untuk Indonesia bersatu. Ini bukan karena KNPI, agama atau lainnya. Tetap untuk Indonesia. Pekerjaan rumah (PR) kita adalah menjaga persatuan,” ujar Gubernur Khofifah.

Seusai acara pembukaan Rakerda di Grahasi, Ketua Steering Committe Rakerda, Ahmad Nur Aminuddin mengungkapkan, pihaknya menyambut baik langkah yang dilakukan DPP KNPI  yang menerapkan digital administrasi yang memudahkan pengurusan SK dan lainnya.

“Di era digital administrasi dan kecepatan teknologi dilakukan di Jatim dan menjadi yang pertama. Kami juga akan melakukan mix-tour yang merupakan rangkaian kreatifitas pemuda yang dihimpun KNPI dan mengembangkan UKM di daerah-daerah,” imbuh Amin.

Dalam kesempatan itu, Sumardi juga menyatakan bahwa, akan menjadi momentum kebangkitan pemuda di Jatim. Dengan adanya program Gubernur Jatim yang berpihak pada pemberdayaan masyarakat dan kerangka berpikir dan gerakan KNPI.

Dalam Rakerda ini akan dibahas dan membangun inovasi dan kreativitas pemuda Jatim menyongsong Jatim Hebat. (Ari)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan