banner 728x90

Dinilai Penting, Pemdes Weru Rencanakan Bentuk BUMDes

Spread the love

Ilustrasi BUMDes

SUKOHARJO, INDEPNEWS.Com – Persiapan dan perencanaan pembentukan BUMDes tengah dipersiaplkan Pemerintah Desa Weru, Kecamatan Weru Sukoharjo.Jawa Tengah.

Perencanaan ini dinilai penting karena mampu mengamankan pengelolaan sumber pendapatan desa dan meningkatan inovasi perekonomian kerakyatan. Demikian yang diungkapkan Sriyono, Sekdes Pemdes Weru saat di temui di ruang kerjanya belum lama ini di minggu pertama Agustus 2019.

“Kami sudah beberapa bulan sudah menyiapkan pembentukan BUMDes, ini tinggal menunggu waktu saja yang pas,” Katanya.

Ia menilai, jika BUMdes terbentuk, sumber pendapatan kas PAD (Pendapatan Asli Daerah) akan mampu meningkat. Selama ini, sumber pendapatan PAD terasa kurang, kas desa hanya mengandalkan lelang sawah.

Pembentukan BUMdes akan mampu menciptakan pembentukan usaha- usaha yang akan dikelola penuh pihak Pemdes yang akan menghasilkan sumber penghasilan kas desa dan peluang lapangan kerja.

Sementara itu, Joni Wardoyo, Mantan Kades Weru periode lalu mendukung penuh pembentukan BUMDes Weru, ia mengaku saat menjabat dulu, gagasan pembentukan sudah menjadi wacana, tetapi baru tingkat wacana .

“Jika pembentukan BUMDes berdiri bisa mampu mengelola usaha- usaha yang dikelola Pemdes untuk peningkatan kas desa,” katanya.

Joni mengusulkan jika BUMDes terbentuk diharapkan bisa mengelola hasil- hasil pertanian desa untuk di kelola dan di jual sesuai harga yang tidak merugikan petani.Pengelolaan ini akan mampu menciptakan rasa aman bagi petani.Begitu juga BUMdes bisa membentuk usaha- usaha produk home industri yang mampu di jual .

Secara terpisah, Mudjiman, Kepala Pemerintah Desa membenarkan rencana pembentukan BUMDes.Hal ini dirasa mendesak karena untuk meningkatkan sumber pendapatan desa dan peningkatan perekonomiam masyrakat melalui BUMDes.

“Nanti kita kabari, BUMDes akan terbentuk. Kita hanya menunggu waktu saja,” tandasnya. (Fik)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan