banner 728x90

Visit Sumenep 2019 : Fashion Competition di Event Batik on the Sea

Spread the love

SUMENEP INDEPNEWS.Com – Dalam rangka Visit Sumenep 2019, Pemerintah kabupaten Sumenep akan melaksanakan event Batik on the Sea di tempat wisata Pantai Slopeng, kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, Sabtu 27 Juli 2019 yang bertajuk “Art of Colourful Batik Madura.
Sigit Tri Atmoko selaku ketua pelaksana kegiatan Fashion Competition menjelaskan, dalam agenda event Batik on the Sea 2019 itu memiliki daya tarik tersendiri untuk memperkenalkan aneka pewarnaan yang tajam khas Batik Madura, khususnya batik Sumenep kepada pecinta batik untuk sekala nasional dan bahkan internasional.
“Batik Madura khususnya Batik Sumenep terkenal dengan corak pewarnaan yang tajam serta motif tumbuhan dan hewan merupakan warisan leluhur yang mempunyai nilai yang sangat tinggi, ini yang ingin kita kenalkan secara luas,” ungkap Sigit pada Selasa (23/07/19).
Menurut Sigit, corak pewarnaan batik yang tajam memiliki makna filosofis bahwa karakter orang Madura memiliki sikap yang tegas dan penuh pendirian. Sigit juga mengatakan dalam Fashion Competition kali ini akan dibagi menjadi beberapa Kategori, mulai dari kategori anak-anak sampai kategori usia remaja.
“Kategori anak-anak Α mulai usia 4 – 9 tahun, Kategori anak-anak Β mulai usia 10 – 12 tahun. Sedangakan kategori remaja Pria mulai usia 13 – 25 tahun. Dan kategori remaja Wanita mulai usia 13 – 25 tahun semuanya menjadi 4 kategori,” terangnya.
Harapannya dengan adanya event Batik on the Sea ini disamping dapat bertujuan untuk melestarikan budaya Batik Madura khususnya Batik Sumenep, juga untuk meningkatkan ekonomi para pengrajin batik.
“Semoga dengan kegiatan ini Batik Madura semakin dikenal di kancah Nasional dan bahkan internasional, dengan begitu akan berdampak terhadap pengrajin batik untuk tetap melestarikannya,” ungkapnya.
Selain akan digelar Fashion Competition dalam rangkaian Event Batik on the Sea juga akan digelar Festival Layangan Batik yang akan dihadiri oleh beberapa pimpinan daerah baik kabupaten dan provinsi, stekholder akan hadir guna medukung kegiatan ini.
Sebagai tuan rumah, Bupati Sumenep dipastikan hadir dan didampingi oleh Kadisparbudpora dan juga Kadisbudpapora Jatim. Event ini juga akan dihadiri dan didukung sepenuhnya oleh para pengrajin dan pengusaha batik baik tingkat lokal, regional dan nasional. (Ms/Ainul)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan