banner 728x90

Pertama Kalinya FE Unesa Beri Apresiasi Paska Lulusan Terbaik di Bidang Akademik & Non Akademik

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – Ada pemandangan yang berbeda dalam pagelaran yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (FE Unesa) periode II Tahun 2019.

Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Auditorium G6 Gedung Dekanat dengan tema, “Peningkatan Kualitas Lulusan yang Berkarakter dan Berjiwa Wirausaha dalam Mewujudkan Daya Saing Era Revolusi Industri 4.0”.

Yang menarik dari yudisium kali ini adalah pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik di bidang Non Akademik. Mahasiswa yang mendapatkan penghargaan lulusan terbaik bidang Non Akademik adalah Wahyuningsari (S1 Ekonomi Islam 2015), Novia Nur Yuniarti (Pendidikan Ekonomi 2015), Khairunizam (S1 Manajemen 2015), dan Titik Mustikawati (D3 Akuntansi 2015).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unesa Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Menurut Anang, pemberian penghargaan ini berdasarkan nilai Transkip Kegiatan Mahasiswa (TKM) yang diambilkan dari Sistem Informasi Penilaian Non Akademik (SIPENA).

“Nilai tersebut merupakan akumulasi dari kegiatan penalaran keilmiahan, kegiatan organisasi, kegiatan sosial, bakat dan minat, dan bidang lainnya yang pernah diikuti oleh mahasiswa selama perkuliahan,” tambahnya. Kamis, (11/7/2019).

“Sebenarnya Sipena ini berlaku di Unesa mulai angkatan 2014. Namun, masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagian besar mahasiswa,” imbuhnya.

Anang berharap, dengan pemberian penghargaan ini mahasiswa lebih termotivasi untuk berprestasi bidang non akademik dan rajin mengisi sipena.

“Mengingat salah satu indikator perangkingan perguruan tinggi adalah capaian prestasi mahasiswa bidang kemahasiswaan,” pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Khoirul Anwar, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi Unesa berharap mahasiswa semakin termotivasi untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi kemahasiswaan selingkung Unesa maupun kampus di luar Unesa.

“Penghargaan ini untuk memotivasi mahasiswa agar aktif mengikuti kegiatan di luar perkuliahan. Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan nilai akademik, tapi juga non akademik,” tuturnya.

Adapun kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa berupa kompetisi karya ilmiah, bakat minat, dan kompetisi lainnya atau kegiatan seminar, workshop, pelatihan kepemimpinan dan lain-lain. Hal ini sebagai upaya meningkatkan softskill mahasiswa agar kedepanya lulusan fakultas ekonomi berdaya saing.

Yudisium periode II Tahun 2019 ini diikuti oleh 119 peserta. Terdiri dari Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Tata Niaga, Pendidikan Administrasi Perkantoran, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi dan S1 Ekonomi Islam.

Selain memberikan penghargaan non akademik, lulusan yang berprestasi bidang akademik dengan nilai IPK tertinggi di tingkat Prodi, Jurusan, mapun Fakultas juga mendapatkan penghargaan.

Adapun lulusan terbaik bidang akademik adalah Nuril Islamiyah (Pendidikan Ekonomi 2015), Wahyu Kurniawati (Pendidikan Tata Niaga 2014), Siti Anjar Lustin (Pendidikan Administrasi Perkantoran 2015), Khusnul Khotimah (S1 Manajemen 2015), Ike Dian Oktavia Sari (S1 Akuntansi 2014), dan Wahyuningsari (Ekonomi Islam 2015). (Ari)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan