banner 728x90

Miris Alasan Adanya Faktor Alam Barau Penahan Tebing Ambruk

Spread the love

KUBURAYA, INDEPNEWS.Com – Bangunan Barau Penahan Tebing (Turap) Ambruk yang berlokasi di jalan Pelita RT 20 Dusun Rasau Jaya Kota Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kuburaya, Provinsi Kalimantan Barat.

Turap, Barau Penahan Tebing yang bersumber dana dari DD (Dana Desa) tersebut padahal masih dalam peyelesaian akhir pembangunan Anggaran Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini.

Salah satu warga yang enggan disebut namanya berinisial RS asli warga masyarakat sekitar saat dikomfirmasi awak media ini, menerangkan kalu kualitas dan kuantitas bahan serta kontruksi proyek yang ambruk dikarenakan asal jadi alias (Buruk Asal-Asal Saja). Dalam arti kata di bawah setandar kualitas, kuantitas betonnya. Pasalnya tiang penyangah Barau itu tidak diperkuat degan kayu penarik sebagai otot atau besi. Karena itu, ketika ada beban berat Barau tak memiliki kekuatan untuk menahan beban yang ada.

Selain menyayangkan kulaitas RS, bersama warga sekitar juga menambahkan lagi, bahwa pekerjaan proyek ini sudah menyalahi peraturan tentang penggunaan Dana Desa (DD) seperti ada yang tidak beres ungkap dia dan warga.

Sementara Pj Kepala Desa Rasau Jaya Umum, Sualaiman saat dikomfirmasi awak Media Patner Grup in, “terkait robohnya Turap Barau pada hari Rabu 24 Juli 2019 sebelum berita ini diturunkan, di Kantor Desa, Pj Kades Sulaiman menerangkan dan malah meyalahkan faktor Cuaca. Beliau berkata itu musibah alam, tampa ada fakta – fakta, data yang akurat seperti yang awak media minta.

Degan kejadian ini, ambruknya Barau (Turap) tersebut sudah dilaporkan ke pihak Pemda Kabupaten Kuburaya, seperti Pemdes dan Inspektorat, menurut Sulaiman, Pihak Desa siap bertanggung jawab memperbaiki kembali Barau yang roboh, dan akan menganggarkan kembali DD”, tahun depan 2020, tegas PJ Kades Rasau Jaya Umumnya juga membenarkan Anggaran itu bersumber dari Dana Desa (DD) sebanyak dua Tahap Anggaran.

Nilai Anggaran berapa jumblahnya Pj Kades, Sulaiman mengaku lupa detailnya untuk menerangkan, Berapa Nilainya menurutnya dirinya tidak tau siapa yang melaksanakan Pengerjaan Proyek Tersebut adalah Lembaga Pembangunan Masyarakat (LPM) setempat yang nilai kontaraknya Pj Kades juga tidak memberikan komentar gambaran degan jawaban tidak tahu, tegas Pj Kades Sulaiman. (Mul/Tim)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan