banner 728x90

Mimpinya Desa Lemah Putih, Kabupaten Grobogan Punya Waduk

Spread the love

Visualisasi waduk

GROBOGAN, INDEPNEWS.Com – Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, Grobogan, Jawa Tengah ternyata punya impian besar. Impiannya ingin punya waduk yang mampu memberikan harapan yang baik bagi pertanian. Demikian yang dikatakan, Hartoyo, Kepala Pemerintahan Desa Lemah Putih kepada awak media belum lama ini di Minggu kedua bulan Juli 2019.

“Waduk itu nanti mampu menampung air yang banyak dan rencananya luasnya berkisar delapan kali luas lapangan sepakbola. Bila itu terwujud, pertanian di Lemah Putih dan desa-desa sekitarnya akan maju dan makmur mas,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, apabila waduk Lemah Putih terwujud sebenarnya tidak hanya untuk pertanian saja, tetapi gagasan ke depannya juga ingin mewujudkan desa wisata dengan memaksimalkan air di waduk menjadi tempat hiburan dan berbagai mainan wisata air, serta dibangunkan kuliner – kuliner serta pohon – pohon yang hijau dan rindang.

“Jadi, jika waduk itu terwujud, tidak hanyak pertanian tetapi berdampak pada sector – sektor lainnya, bahkan untuk sumber pendapat BUMdes dan sumber pendapatan Pemkab Grobogan,” imbuhnya.

Cuma yang menjadi kendala adalah besarnya dana pembangunan dan tanah – tanah warga yang terkena pembangunan waduk.

“Berbagai kendala perlu dipikirkan matang, apalagi saat saya bertemu pak Ganjar, Gubernur dan Bupati Grobogan agar dikaji lebih dalam lagi karena menyedot dana besar. Kata Pak Ganjar, idenya bagus, tetapi perlu dikaji lebih dalam lagi,” katanya.

Meski banyak kendala, ia akan terus berkonsultasi ke berbagai pihak terutama para konsultan untuk mewujudkan mimpi – mimpi agar semua bisa terwujud. Ini bukan soal ngotot yang jauh dari harapan, tetapi impian itu harus diperjuangkan. Ia yakin impian itu akan terwujud, entah kapan. Semua perlu proses.

Sekedar catatan, desa Lemah Putih yang berjarak 6 Km dari kota Purwodadi sebagian warganya masih 80 persen mengandalkan pertanian. Gagalnya panen sering terjadi karena belum ada air yang mencukupi. Para petani masih mengandalkan tadah hujan.

Saat diminta tanggapannya Sri Sumarni, Bupati Grobogan terkait mimpinya desa Lemah Putih ingin punya waduk mengatakan perlu kajian mendalam karena menyangkut dana besar.

‘Itu saja tanggapan saya nggih, saya baru sibuk,” tandasnya. (Fik)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan