banner 728x90

Desa Alasombo Sebagai Penyangga Sumber Air di Kecamatan Weru

Spread the love

Visualisasi sumber – sumber mata air (Doc)

SUKOHARJO, INDEPNEWS.Com – Kabar tentang Desa Alasombo, Kecamatan Weru Sukoharjo mengalami kekeringan air berbeda dari kenyataan di lapangan. Bantahan ini disanggah Sutikno, aparatur Pemerintah Desa Alasombo mengatakan justru desa Alasombo merupakan penyangga air di seluruh desa- desa Kecamaran Weru. Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah mas, soal air kita tidak kekurangan malah kita bisa membantu desa- desa lainnya yang mengalami kekurangan air baik untuk distribusi air pertanian dan distribusi air untuk memasak,” Kata Sutikno kepada awak media ini belum lama ini awal bulan Juli 2019.

Pihaknya tidak mengada- ada karena terbukti di desa Alasombo memiliki 40 titik sumber mata air yang berupa sendang. Dari 40 sumber mata air itulah, desa Alasombo benar- benar dikarunia alam yang baik dan sumber air yang jernah dan sehat.

“Warga Alasombo sangat bersyukur kepada Allah atas anugerah ini, Alhamdulillah dari sumber mata air itu kita juga punya air terjun yang masih perawan, belum terjamah sama sekali,” Ujarnya.

Bahkan, beberapa tahun lalu sejumlah Akademisi Universitas Sebelas Maret Solo juga datang di Alasombo melakukan penelitian tentang sumber- sumber mata air di Alasombo, hasilnya air di Alasombo sangat sehat dan sesuai kelayakan air yang baik.

Rencananya sumber mata air melalui Pemerintah Desa akan berencana mengelola dengan baik sumber- sumber mata air yang di Alasombo.

“Nanti sumber mata air dan sendang kita kelola dengan baik melalui BUMdes, yang nantinya akan bermanfaat bagi kesejahteraan warga Alasombo dan menjamin dan menjaga pengelolaan air,” tandasnya

Secara terpisah, Pandiyanto, Camat Weru mengatakan membenarkan bahwa desa Alasombo memilki sumber- sumber mata air yang banyak. Pihak Pemerintahan Kecamatan Weru sudah mengetahui soal potensi air di Alasombo.

“Sumber- sumber mata air mampu menjadi penyangga air di desa Alasombo dan bisa membantu desa – desa sekitarnya terutama distribusi air untuk pertanian dan untuk memasak,” tandasbya. (Fik)

 

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan