banner 728x90

Rizal Haliman : DPD KAI Jatim Membentuk Pribadi Advokat yang Kredibel dan Bermoral

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – Usai Kongres Nasional ke-III Kongres Advokat Indonesia yang sukses digelar pada tanggal 26-27 April 2019 lalu di The Empire Palace Surabaya.

Benar-benar mencerminkan sikap perhelatan demokrasi organisasi advokat yang secara nasional bercermin pada aasa musyawarah mufakat tentang perubahan AD/ART & pemilihan Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Dan dilaksanakan oleh para Advokat KAI (Advokai) yang mempunyai kredibilitas dan moralitas yang tinggi dalam beroganisasi untuk tujuan membangun profesi advokat dalam Garis Besar Haluan Organisasi KAI (GBHO-KAI ) sebagai program kerja 5 (lima) tahun ke depan.

Hal ini ditindaklanjuti dengan kegiatan awal oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jawa-Timur, Adv. Rizal Haliman, SH., MH., CIL.

Guna mencapai tujuan dimaksud, kata Ketua DPD KAI Jatim ini, kita harus menjaga persatuan melalui silaturahmi dengan cara memperingati Dirgahayu HUT Ke-XI sebagai tanda dimulai dan Kebangkitan Advokat KAI di bawah Pimpinan H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto (TSH).

Tanda mulai dan kebangkitan ini, kata Rizal, dari statement TSH yang menyatakan akan melakukan lompatan genetik yang pada awalnya organisasi dari sekelas cicak berubah jadi buaya.

Hal kebangkitan ini ditandai dengan banyaknya program pendidikan dan  pengembangan SDM dalam bidang Profesi Advokat yang dipadukan dengan sistem digitalisasi guna mempermudah penerapan bantuan hukum sebagai sebagai sikap sosial, dengan cara memberikan bantuan hukum pada masyarakat pencari keadilan.

Organisasi advokat ini dapat disegani oleh para penegak hukum lain, sebagaimana salah satu pesan dari Alm. Adv. Adnan Buyung Nasution.

“Sejak hari kemarin, pasca Kongres Nasional ke-III di Surabaya, maka DPD KAI Jawa Timur tetap harus berdedikasi yang tinggi dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT ) KAI Ke-11,” tegasnya di Hotel Wyndham Surabaya.

DPD KAI Jatim merayakan HUT Kongres Advokat Nasional yang ke-XI ini mengangkat tema, “Menjalin Persatuan Advokat Bermoral Mewujudkan Advokat Berintegritas dan Berdedikasi menuju Advokat Officium Nobile”.

Menurut Rizal, dalam perjalanan sejarah KAI sudah 11 tahun sejak didirikan oleh Prof. Dr. Adnan Buyung Nasution dan saat inilah telah mengalami perubahan yang sangat signifikan sebagai Organisasi Advokat yang mengikuti perkembangan digitalisasi.

“HUT KAI Ke-XI ini merupakan perhelatan  hebat dalam rangka menghormati hari bersejarah perjalanan Advokat Indonesia yang pertama kali mengadakan Kongres bagi Advokat Indonesia.

Bahwa dengan Kongres rekan-rekan Advokat Indonesia dapat menyampaikan aspirasinya untuk membangun Advokat berintegritas dan bermoralitas  tinggi, dalam wadah Organisasi Kongres Advokat Indonesia yang tetap mengedepankan multi organisasi,” pungkasnya. Minggu, (02/6/2019).

Dengan harapan bebas berserikat dan berorganisasi dengan mengikuti gerak langkah maju perkembangan jaman dan saling berpacu untuk memajukan organisasinya masing-masing dan membentuk pribadi advokat yang kredibel dan akuntabel serta bermoral dalam berprofesi dan berorganisasi.

“Untuk harapan ke depan, seharusnya Mahkamah Agung memberikan syarat-syarat agar advokat tidak lagi dengan mudah melakukan tindakan-tindakan dengan cara seenaknya sendiri membentuk Organisasi Advokat secara asal-asalan,” harapnya.

Masih dengan Rizal, sehingga akan membingungkan, merugikan masyarakat pencari keadilan dan men-down great martabat dan profesi advokat yang ada saat ini.

“Meskipun anggota DPD KAI Jatim saat ini hanya berjumlah 431 anggota yang tersebar di 25 DPC di kabupaten/kota di Jatim. Mereka saat ini patut diapresiasi mempunyai kualitas tinggi dalam berprofesi sebagai advokat,” tutupnya. (Ari)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan