banner 728x90

Disparbudpora : Festival Ketupat 1440 H Akan Digelar di Pantai Slopeng Sumenep

Spread the love

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Drs. Carto, MM (Foto : Istimewa)

SUMENEP, INDEPNEWS.Com – Agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sumenep pada setiap tahunnya setelah 7 hari paska lebaran idul fitri, yaitu menggelar acara Pesta Rakyat dan Festival Ketupat. Sementara agenda event Visit Sumenep 2019, even itu awalnya bakal digelar di Pantai Lombang yang merupakan lokasi wisata tertua di Sumenep. Akan tetapi agenda tersebut dialihkan ke pantai Slopeng kecamatan Dasuk, Sumenep Jawa Timur.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Drs. Carto, MM mengatakan, “Ketupatan tetap ada, tetapi lokasinya dialihkan ke pantai Slopeng,” katanya pada Senin (10/6/2019).

Alasan pemindahan tempat acara ketupatan, menurut Carto karena Pantai Slopeng dianggap lebih strategis dan lebih dekat dengan pemukiman penduduk.

“Kalau di pantai Lombang lokasinya agak jauh dengan pemukiman penduduk, sementara di pantai Slopeng masyarakat lebih dekat di sana, dan kami yakin nanti pengunjungnya lebih banyak. Karena kalau di pantai Lombang lebih jauh dari pemukiman penduduk,” terangnya.

Lanjut Carto, selain pertimbangan tempat, konsep yang bakal diusung nanti berbeda dengan pegelaran even tahun sebelumnya, yakni lebih mengangkat tradisi lokal. Sehingga adanya event tersebut nantinya bisa benar-benar dinikmati oleh masyarakat.

“Agendanya nanti akan banyak mengangkat tradisi masyarakat, tidak seperti event tahun yang lalu. Kita akan menggerakan masyarakat, sehingga benar-benar dinikmati oleh masyarakat, oleh rakyat,” ujarnya.

Nanti setiap pengunjung di acara tersebut akan mendapatkan makanan gratis saat berkunjung di Pantai Slopeng. Yang sebelumnya pemerintah sudah membeli produk-produk kuliner tersebut. Dengan begini asalah satu cara pemerintah dalam memberdayakan masyarakat.

“Kita dapat memberdayakan masyarakat yang tinggal di sana, khususnya masyarakat penjual soto, rujak, campor dan lainnya untuk diberi uang sama kita untuk digratiskan pada pengunjung,” tutup Carto. 

(Yat/bl)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan