banner 728x90

Pelantikan Bakornas LKMI : Menuju Indonesia Sehat dan Berkualitas

Spread the love

JAKARTA, INDEPNEWS.Com – Pelantikan Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (Bakornas LKBHMI PB HMI) telah berlangsung di Gedung BPPK Jakarta.

Pelantikan tersebut diawali dengan acara Seminar Nasional yang dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Djuwita F. Moloek, Driektur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan RI Fachmi Idris dan Direktur Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI) Widwiono sebagai Keynote Speech.

Adapun tema acara yang diangkat adalah “Health Collaboration ; Menuju Indonesia Sehat dan Berkualitas”.

Nila Moloek mengatakan, Health collaboration adalah salah satu kunci dalam mendorong Indonesia lebih sehat kedepannya. Upaya pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan saat ini dengan mendorong pemerataan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia terutama di daerah terluar yang memiliki tenaga kesehatan yang sangat minim.

“Nusantara Sehat (NS) merupakan salah satu program yang sudah dijalanakan. Health Collaboration sudah menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki bagi seluruh NS dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia,” ujar Menkes Nila. Selasa, (09/4/2019).

Sedangkan Fachmi Idris dalam pemamaparannya mengatakan bahwa, health collaboration sangat penting dalam
mewujudkan kesehatan yang berkualitas.

“Ego profesi harus ditekan, semua tenaga kesehatan memiliki posisi yang sama. Di era saat ini kolaborasi sangat penting untuk dilakukan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Reproduksi (Kespro) yang mewakili kepala BKKBN RI mengatakan bahwa, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas tentunya hal yang paling penting adalah adanya kolaborasi tenaga kesehatan

“Sebab, peran tenaga kesehatan dalam mencegah terjadinya stunting, mencegah pernikahan dini, dan mencegah bayi berat lahir rendah sangatlah dibutuhkan,” tukasnya.

Kemudian, Refil selaku Direktur Bakornas yang ditetapkan oleh PB HMI, menyatakan bahwa, Bakornas LKMI merupakan wadah yang terdiri dari lintas profesi kesehatan di Indonesia, kemampuan dalam berkolaborasi akan terlatih disetiap proses yang dijalaninya selama ber LKMI.

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pelantikan Pengurus Bakornas LKMI PB HMI Periode 2018-2020.

(Ari)


banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan