banner 728x90

Bupati Sumenep Menghadiri Pengajian Umum SDN Kecer 1 Kecamatan Dasuk  

Spread the love

SUMENEP, INDEPNEWS.Com – Pengajian umum SDN Kecer 1 dihadiri seluruh wali murid termasuk komite dan tokoh masyarakat lingkungan sekolah. Pengajian umum ini bertempat di aula SDN Kecer 1 kecamatan Dasuk kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur.

Acara yang dilaksanakan pada Sabtu malam Minggu (26/01/2019) ini menghadirkan pengasuh pondok pesantren Al Karimiyah desa Beraji Gapura Sumenep, yaitu DR. KH.  Abuya Busyro Karim, MSi sekaligus mengisi tausiyah yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Moh. Saleh, koordinator pendidikan kecamatan Dasuk, tomas dan juga toga di sekitar Kecer.

Sebelum acara dimulai, hadirin disuguhi penampilan dan antraksi siswa – siswi SDN Kecer 1 berupa tari – tarian, drama, lagu – lagu Islami dan hadrah gambus yang dipersembahkan oleh siswa siswi SDN Kecer 1.

Bupati Sumenep DR. KH. Abuya Busyro Karim, MSi menyampaikan dalam tausiyahya, “pendidikan karakter merupakan upaya yang melibatkan semua pihak, baik keluarga (informal), sekolah dan lingkungan sekolah, serta masyarakat luas. Pembentukan dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama antar lingkungan pendidikan tersebut tidak ada kesinambungan dan keharmonisan,” ungkap Busyro bupati dua periode ini.

Lanjutnya, “karena kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya pemahaman orang tua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga, pengaruh pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik ditengarai bisa berpengaruh negatif dengan adanya perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didiknya,” sambutnya

“Dengan demikian, rumah tangga dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan karakter pertama dan utama harus lebih diberdayakan,” ucap mantan ketua DPRD Sumenep ini.

Menurutnya, pendidikan informal terutama dalam lingkungan keluarga harus memberikan kontribusi berarti dalam mendukung pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.

Sementara Ketua panitia pelaksana kegiatan, Trisno Surya mengungkapkan rasa haru yang mendalam karena kehadiran KH. Busyro Karim sebagai pengasuh pondok pesantren Al Karimiyah yang sekaligus sebagai Bupati Sumenep. Ia mengucapkan terimakasih kepada KH. Busyro Karim bersama rombongan yang telah sudi hadir dan menyempatkan waktu mengisi tausiyah di SDN Kecer 1.

“Semoga ilmu yang disampaikan oleh KH. Abuya Busyro Karim bermanfaat untuk kita semua dan dapat memetik hikmahnya. Mator sakalangkong buya,” ungkap Trisno dalam sambutannya sebagai ketua panitia acara.

Kemuadian acara tersebut ditutup dengan pembagian santunan kepada anak yatim yang ada di SDN Kecer 1 yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. HM. Shadik, MSi.

 

(Saleh)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan