banner 728x90

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai Siap Ekspor Ikan Pertama ke Vietnam

Spread the love

MOROTAI, INDEPNEWS.Com – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pulau Morotai, Suriani Antarani mengungkapkan, Pemkab menyambut baik rencana ekspor  ikan tuna ke Vietnam.

Suriani menjelaskan, fasilitas sentral kelautan perikanan terpadu (SKPT) yang telah dibangun Pemkab Morotai  sejak tahun 2015, yakni colstrage 50 ton dan pabrik es 10 ton, kemudian di tahun 2016 dibangun lagi colstrage 200 ton.

Menurutnya,  lokasi SKPT yang ditetapkan  karena ketersediaan lahan di desa Daeo, sehingga Kementrian Perikanan membangun fasilitas penunjang seperti TPI, SPDN, dermaga, Ipal, TPA, musholah, pos jaga dan rencana  tahun 2018 ini Jaica Jepang akan membantu membangun colstrage dan pabrik es  dalam SKPT.

“Bicara produksi  tergantung armada. Armada nelayan di Pulau Morotai saat ini rata-rata kecil,  hanya 3 GT, sehingga hasil tangkapan  tidak maksimal, karena mereka pergi pagi pulang sore dan tidak bisa pergi jauh karena  beresiko dengan cuaca,” katanya, Rabu (26/9) lalu.

Dijelaskan,  dinas perikanan akan menyiapkan  kapal tangkap  lebih besar, sehingga nelayan  mencari ikan  lebih jauh dan lebih lama  karena kapal  dilengkapi fasilitas penunjang, membuat peluang mendapat ikan lebih banyak dan resikonya nelayan kecil. “Keahlian nelayan dalam menangkap ikan harus ditingkatkan, sehingga ketika ada kapal besar mereka bisa gunakan dengan baik dan hasil tangkapannya lebih banyak dari saat ini,” tuturnya.

“Kita butuh ikan 5 sampai 10 ton per hari, karena kapasitas colstrage kita 250 ton, namun kemampuan nelayan kita terbatas,  karena kapal tangkapnya kecil jadi tidak bisa cari ikan lebih jauh.  Dalam satu hari nelayan  hanya mendapat ikan 200 sampai 500 kg,” katanya.

Ia berharapkan tiap bulan  bisa ekspor ikan dua sampai tiga kali. Saat ini katanya,  SKPT sudah beropeasi  4 bulan, pencapaiannya hanya 23 ton, hasil ini belum sesuai harapan namun terus diupayakan agar memenuhi target. “Kementerian memberi target 156 ribu ton per tahun yang harus di ekspor,” terangnya.

Hasil produksi ini akan di ekspor ke Vietnam dalam minggu ini, semua sudah disiapkan baik pemda maupun mitra kerja yakni PT. Harta Samudra. “Saat ini hanya menunggu nomor registrasi  negara penerima yakni Vietnam. Ekspornya  akan menggunakan kapal tol laut,  kualitas ikan Morotai sangat baik  dengan klasifikasi  great AAA, AA dan A dengan merk Morotai,” ungkapnya.

 

(Oje/Mona)

banner 468x60
author

Author: