banner 728x90

Masih Bertahannya ASN yang Terlibat Korupsi di OPD Bangkalan Dipertanyakan

Spread the love

BANGKALAN, INDEPNEWS.Com – Pejabat negara yang tersandung kasus tindak pidana korupsi masih gentayangan menjabat di OPD terkait. Atas nama pemerintah, kementerian dalam negeri telah mengeluarkan surat pemecatan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Surat tersebut diterbitkan dan ditanda tangani oleh Mendagri Tjahjo Kumulo pada tanggal 10 September 2018 yang ditujukan kepada seluruh bupati dan wali kota di seluruh Indonesia dengan Nomor 180/6867/SJ.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa tindak pidana korupsi merupakan Extra Ordinary Crime dengan demikian kurupsi merupakan kejahatan yang pemberantasannya harus dilakukan secara luar biasa dan sanksi yang tegas bagi pelakunya. Khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memberikan efek jera kepada pejabat terkait.

Dengan terbitnya permendagri pemecatan ASN, terkait tindak pidana korupsi pada tanggal 10 September 2018 dengan Nomor Surat 180/6867/SJ. Maka surat pemecatan ASN yang terbukti terlibat korupsi pada tanggal 29 Oktober 2012 dicabut dan dinyatakan tidak syah.

Ditegaskan lagi setelah ditekennya SKB 3 Menteri, SKB tersebut secara umum mengatur pemberhentian tidak hormat para PNS yang terlibat korupsi. “Pelaksanaan keputusan bersama ini diselesaikan paling lama bulan Desember 2018,” seperti yang dijelaskan oleh Mendagri, Tjahjo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018) kemarin.

Pak Ghufron selaku kepala BKD Kabupaten Bangkalan menyatakan, “terkait putusan pengadilan tentang pemecatan ASN, saya belum tahu dan belum menerima mungkin ada di Inspektorat selaku pengawas OPD Bangakalan,” jelasnya.

Tambahnya, “lagian yang mendapat undangan rapat terkait Putusan Pengadilan hanya pak sekda yang mendapat undangan dan saya tidak bisa bertindak sebelum ada perintah dari pak Bupati,” ungkapnya.

“Apa sudah ada tembusan ke Pj Bupati? sampai saat ini saya tidak tahu informasi itu lagi,” tutur pak Ghufrun saat dikonfirmasi pada Jumat, 14/09/2018.

 

( HSN )

banner 468x60
author

Author: