banner 728x90

Yusril Ihza Mahendra : PBB Lebih Cocok Dukung Capres-Cawapres yang Ada Ulam’nya

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, menyatakan tak mengambil sikap dalam Pemilihan Presiden 2019. Tidak mendukung duet Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno maupun Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Tapi Yusril mengapresiasi langkah Jokowi memilih Ma’ruf Amin sebagai bakal calon wakil presiden. Alasannya, Ma’ruf Amin adalah ulama.

Yusril mengaku tak mendukung Prabowo-Sandiaga Uno karena duet itu tak senapas dengan rekomendasi forum Ijtimak Ulama yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Dalam ijtimak, pasangan yang direkomendasi untuk berpasangan dengan Prabowo ialah Salim Segaf Aljufri dan Ustaz Abdul Somad.

Bagi Yusril, PBB tetap berpegang teguh pada Ijtimak Ulama karena di dalamnya menghadirkan sosok ulama, perpaduan nasionalis-religius. “Pada prinsipnya, PBB akan mendukung ulama yang maju di Pilpres sesuai hasil Ijtimak Ulama kemarin,” katanya dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 23 Agustus 2018, disadur dari Viva.

Di sisi lain, kata pakar hukum tata negara itu, justru bakal calon presiden petahana, Jokowi, yang menggandeng ulama yang juga Rais Aam Nahdlatul Ulama sebagai bakal cawapres, yakni Ma’ruf Amin. “Jokowi-Kiai Ma’ruf pasangan umara-ulama,” katanya.

Pilihan Jokowi dinilai tepat sebagai penghargaan atas ulama dan umat Islam. Dengan majunya Ma’ruf diharapkan dapat membawa kedamaian dan kemajuan dalam berbangsa dan bernegara. “PBB apresiasi itu,” ujarnya.

Kendati mengapresiasi, Yusril menegaskan bahwa PBB belum menentukan sikap pada Pilpres 2019. Tapi PBB tidak akan netral. “Nanti PBB akan bersikap, tapi prinsipnya tadi kader-kader PBB lebih sreg (cocok) dengan pasangan (capres-cawapres) yang ada ulama’nya,” katanya.

 

(Ase/Sin)

banner 468x60
author

Author: