banner 728x90

Bulan Ini, Dana Desa Tahap II di Pulau Morotai Cair

Spread the love

MOROTAI, INDEPNEWS.Com – Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Pulau Morotai telah memastikan dalam bulan ini atau pasca hari raya Idul Fitri dilakukan proses pencairan Dana Desa (DD) tahap II 2018 bagi 88 desa dari lima kecamatan.

Kepala BPKAD M. Umar Ali saat dikonfirmasi media kemarin di kantornya, menjelaskan saat ini pihak KPPN Tobelo sudah melakukan SP2D alokasi DD tahap dua sebesar Rp. 26 milyar lebih, karena DD tahap pertama sebesar Rp. 13 milyar. Bahkan alokasi DD tahap kedua ini 40 persen, kalau tahap pertama 20 persen dan nanti tahap ketiga 40 persen.

“Kami pastikan dalam bulan ini atau pasca lebaran Idul Fitri sudah dilakukan proses pencairan DD tahap kedua”, katanya. Oleh karena itu, bagi desa yang sudah lengkapi administrasi dan dokumen pencairan, maka kami tetap proses pencairan.

“Jika administrasi dan dokumen pengajuan dari desa belum lengkap, maka kami tidak akan proses pencairan”, ucapnya. Karena proses pencairan ditransfer langsung melalui rekening desa masing-masing, dan DD tahap dua hanya diparkir selama 7 hari di kas daerah, setelah langsung ditransfer.

“DD tahap kedua hanya diparkir 7 hari di kas daerah, setelah itu ditransfer ke rekening desa masing-masing”, jelasnya. Sekedar diketahui DD dan ADD per desa dalam setahun itu sebesar Rp. 1 milyar lebih tergantung jumlah penduduk dan luas wilayah geografis desa. Kalau DD itu dipergunakan untuk kepentingan pembangunan fisik di desa, sementara ADD untuk kepentingan gaji perangkat desa dan lainnya.

“Kami berharap pasca pencairan DD tahap dua, perangkat desa harus pergunakan anggaran tersebut untuk kepentingan pembangunan fisik di desa dan bukan untuk kepentingan pribadi”, tegasnya.

 

( Oje )

banner 468x60
author

Author: