banner 728x90

Ini Penjelasan Bupati Pilih Sumenep Sebagai Tuan Rumah PTQ Nasional 2018

Spread the love

SUMENEP, INDEPNEWS.Com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Pekan Tilawatil Quran (PTQ) yang bertepatan dalam momentum Ramadhan 1439 H. Dalam PTQ ini, Pemkab Sumenep bekerjasama dengan LPP RRI. Acara ini merupakan rangkaian dari Visit Sumenep 2018. Seperti kita tahu Sumenep merupakan daerah yang religius dan juga memiliki kekayaan potensi wisata, seperti Wisata Kesehatan dengan kadar Oksigen 21,5 persen atau terbaik di dunia setelah Yordania.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si menjelaskan alasan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) digelar di kabupaten Sumenep. “Sumenep itu merupakan daerah yang religius, tapi juga memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan,” sambutnya.

Lanjut Bupati Sumenep ini, pihaknya sangat menyambut baik agenda PTQ nasional 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Sumenep, menurutnya pilihan Sumenep merupakan langkah tepat, sehingga potensi yang ada di kabupaten ujung paling timur pulau Madura ini bisa dikenal lebih luas.

“Agenda PTQ Nasional yang pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia, dapat menyedot para pengunjung dan bermanfaat bagi warga sekitar,” ungkap Bupati Sumenep.

Bupati Sumenep dua periode ini mengatakan, Kabupaten yang berada di ujung timur pulau garam Madura ini memiliki beberapa destinasi wisata, mulai dari wisata Sejarah, Religi, Alam dan Bahari, seperti pantai Lombang, Slopeng, Gili Labak, Pantai Sembilan di Kecamatan Giligenting, sedangkan wisata Sejarahnya adalah Museum Keraton Sumenep, sedangkan dari wisata kerajinan ada kerajinan keris, kerajinan batik, topeng dan lain sebagainya.

“Kami juga memiliki seni dan budaya, seperti kerapan sapi,” tuturnya.

Jika ingin tahu tentang pulau Madura sebenarnya ke Sumenep karena selain kaya dengan potensi wisata alam, bahari dan kerajinan. Sumenep juga kaya dengan wisata kuliner yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Tidak hanya itu saja, Kabupaten Sumenep juga memilik 126 pulau dengan jumlah penduduknya sekitar 1 juta lebih.

“Jika ingin tahu pulau Madura, datang saja ke Sumenep, kami memiliki semuanya baik dari kekayaan alam maupun potensi wisata,” jelasnya dengan bangga mempromosikan sejumlah Wisata di Sumenep.

Tidak ketinggalan, Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin mengatakan, alasan memilih Kabupaten Sumenep untuk dijadikan tempat Pekan Tilawatil Quran Nasional 2018, karena 98 persen penduduk Sumenep adalah muslim dengan tingkat toleransi beragama sangat kuat terhadap pemeluk agama lainnya.

“Tingkat toleransi agamanya tidak diragukan lagi, kami tahu di Desa Pabian, ada gereja, ada masjid dan ada klenteng, mereka luar biasa cara menghargai antar pemeluk agama, makanya takeline PTQ tahun 2018 dari Sumenep untuk Indonesia,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap program visit Sumenep 2018 digarap dengan maksimal dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. Sehingga, Kabupaten yang memiliki kekayaan alam dan potensi wisata ini benar-benar dikenal di Nusantara bahkan di bisa mendunia.

“Saya lahir di Sumenep, dan saya ingin Sumenep ini terkenal di Nusantara dan Dunia, jadi pastikan kita hidup damai, kita dukung bersama agenda besar Bapak Bupati,” ujarnya.

Pembukaan PTQ Nasional 2018 dilaksanakan, pada Sabtu (26/5/2018) pukul 14.00 WIB yang dikemas dengan pawai ta’aruf. Sedangkan, pada Minggu hingga Selasa adalah pelaksanaan lomba tilawah, tahfidz dan tausiah yang bertempat di Masjid Jamik dan Pendopo Agung Sumenep. Kemudian pada Rabu diagendakan Seminar Nasional sekaligus penutupan PTQ 2018.

 

 (Ainul/Bsr)

banner 468x60
author

Author: 

Leave a Reply