banner 728x90

Langka Tapi Nyata !!! Sebuah Pohon Pisang Tak Berjantung  

Spread the love

SELAYAR, INDEPNEWS.Com – Sebuah pohon pisang aneh yang belum diketahui jenisnya ditemukan tumbuh di daerah aliran anak sungai (DAS) Balang Kalambu, Kelurahan Putabangung, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

Keanehan terlihat pada buah pisang yang seluruhnya diselimuti oleh daun muda. Namun ironis, karena daun yang menutupi buah pisang tersebut sama sekali tidak menunjukkan kemiripan dengan daun pisang pada umumnya. Ukuran daun yang seolah menjadi perisai buah pisang di daerah aliran anak sungai Balang Kalambu juga relatif jauh lebih kecil dan cenderung mirip dengan daun beringin  karet, ketapang dan sejenisnya.

Selain buahnya yang tertutupi oleh rerimbunan dedaunan menyerupai daun beringin karet, batang pisang aneh ini juga terlihat sedikit berbeda dengan pohon pisang pada umumnya. Sebab kondisi pohon pisang aneh yang sudah kurang lebih sebulan menjadi pusat perhatian warga ini tampak merekah dan tidak lurus seperti pohon pisang pada umumnya.

Ironisnya, karena pohon pisang aneh yang ditemukan tumbuh di daerah aliran anak sungai Balang Kalambu tersebut tidak memiliki jantung. Keganjilan lain terlihat pada kondisi tandang bagian bawah buah pisang yang membentuk lingkaran stand lampu sorot.

Peristiwa aneh ini terungkap dari hasil penelusuran lapangan yang dilakukan wartawan pada hari Rabu, minggu kemarin dengan mendasari informasi awal salah seorang warga petani di lingkungan Balang Sembo, Kelurahan Putabangung mengenai status keberadaan pohon pisang aneh di daerah aliran sungai Balang Kalambu.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti melalui rangkaian kegiatan expedisi dengan melintasi jalan tani berlumpur dan berbatu menuju aliran anak sungai Balang Kalambu yang dikelilingi oleh kawasan perkebunan jambu mente, kelapa merah, dan rerimbunan pohon jati super.

 

(Fadly Syarif)

banner 468x60
author

Author: