banner 728x90

Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT Persit KCK ke 72 Tahun

Spread the love

SUMENEP, INDEPNEWS.Com – Darah adalah merupakan sumber proses kehidupan, karena darah merupakan cairan jaringan tubuh yang berfungsi untuk menjalankan metabolisme tubuh. Darah berhubungan dengan oksigen dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk bisa tetap hidup, dengan kata lain darah adalah alat transportasi segala macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-72, Persit Kartika Candra Kirana (KCK) kodim 0827/ Sumenep melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah di Aula Makodim Sumenep Jl. 01 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Kamis, (1/3/2018).

Berbagai macam cara telah dilakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang, salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan donor seperti yang dilakukan oleh Persit Kartika Candra Kirana (KCK) kodim 0827/ Sumenep karena kegiatan tersebut sebagai langkah preventif untuk menyediakan suplai darah bagi mereka yang membutuhkannya.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Cabang XLVI Kodim 0827 Sumenep menggelar kegiatan Sosial Donor Darah dengan diikuti oleh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVI, Prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Jajaran Kodim 0827 Sumenep, Anggota POLRI Kabupaten Sumenep, FKPPI binaan Kodim Sumenep dan Warga Masyarakat disekitar lingkungan Kodim 0827 Sumenep, meraka dengan suka rela menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan dengan prinsip setetes darah adalah merupakan nyawa bagi orang lain yang membutuhkannya.

Dengan sangat antusias mengikuti kegiatan sosial ini, terbukti dengan datangnya semua anggota ketempat donor darah di Aula Makodim 0827 dan rela menunggu giliran untuk diambil darahnya.

Selain untuk membantu orang yang membutuhkan darah, secara tidak langsung juga kita bisa mengetahui apakah kita sehat atau tidak karena pada saat darah kita diambil otomatis darah akan diperiksa (screening), sehingga akan diketahui apakah kita mempunyai penyakit atau gejala-gejala penyakit lain. Sehingga kita bisa lebih tahu kondisi tubuh kita yang sebenarnya.

Sebelum kegiatan Donor Darah dimulai Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna memberikan sambutannya, dalam penyampaiannya beliau mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para peserta Donor Darah yang dengan penuh keikhlasan rela menyumbangkan darahnya demi menolong orang yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan niat tulus dari para rekan pendonor yang hadir saat ini mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT”, imbuhnya.

Ditempat yang sama Ketua Persit KCK Cabang XLVI Kodim 0827 Sumenep Ny. Imelda Ato Sudiatna mengatakan, kebiasaan baik dalam bentuk donor darah ini selain berdampak positif terhadap soliditas TNI dan Keluarga Besarnya dalam memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan, juga mempunyai manfaat bagi kesehatan pribadi, untuk itu kepada para pendonor yang telah dengan suka rela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya saya mengucapkan terima kasih.

Oleh karena itu, kebutuhan darah bagi yang membutuhkan hanya dapat dipenuhi oleh sumbangan para ”Pahlawan Kemanusiaan” yaitu para Pendonor yang dengan suka rela menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan. “tutup Ketua Persit”.

(Sur/Tris)

banner 468x60
author

Author: