banner 728x90

Anna: Pemdes Harus Buat Wisata Pendukung Untuk Tarik Minat Para Wisatawan

Spread the love

KUBU RAYA, INDEPNEWS.Com – Kepala Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dinsos Pemdes) Kabupaten Kubu Raya Melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Anna Mahliana mengatakan bahwa penggunaan Dana Desa dalam mendukung Pembangunan Pariwisata Pantai Tengkuyung diperbolehkan, karena hal ini dapat menimbulkan dampak yang positif bagi masyarakat Desa. Terutama dalam pengembangan ekonomi Kreatif

“Dana Desa ini boleh digunakan untuk Pembangunan Infrastruktur Pendukung. Seperti, jalan lingkungan menuju lokasi wisata, pembangunan temoat parkir, bahkan juga bisa dibangun pasar – pasar Desa. Sehingga wisata di Pantai Tengkuyung bisa mempunyai wisata pendukung. Karena salah satu daya tarik utama para wisatawan, tidak datang pada Pantai Tengkuyung saja, akan tetapi wisata pendukungnya juga,” ujar Anna Saat diwawancarai diruangannya pada Kamis (15/3).

Anna menjelaskan, kehadiran pasar – pasar desa yang dibentuk nantinya akan menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat desa tersebut. Dengan cara menjual karya – karya desa.

Infrastruktur utama memang menjadi ranahnya Pemerintah Kabupaten, akan tetapi Pemerintahan Desa juga mempunyai kewenangan dalam pengelolaanya, sehingga nantinya pengeloaaan yang dilakukan oleh desa, akan menjadi pemasukan bagi desa.

“Mungkin bisa melalui Bumdes, yang dihasilkan dari Retribusi pasar desa yang sudah dibentuk. Kemudian parkir, dan iuran masuk untuk dana pemeliharaan jalan,” jelas Anna.

Anna menegaskan, hal ini seharusnya juga menjadi bahan Pemerintah Desa dalam penganggarannya melalui APBDES, dan sarana Prasarana pendukungnya. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak hanya tertarik pada Pantai Tengkuyung, akan tetai juga tertarik pada karya – karya desa.

“Pemerintahan Desa juga harus selalu update berita dan pengembangannya melalui web Desa, yang menggambarkan betapa indahnya Desa kami. Sehingga para investor bisa tertarik untuk berinvestasi. Serta mengundang rasa keingin tahuan para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Pantai Tengkuyung secara langsung,” Tutup Anna dengan tegas

 

(Viky/ Redaksi)

banner 468x60
author

Author: