banner 728x90

Perangkat Desa yang Masih Menjabat Tak Boleh Terlibat Jadi Tim SuksesCalon Pada Pilkada

Spread the love

PONTIANAK, INDEPNEWS.Com – Kepala Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, Misrawi, S.Sos mengatakan bahwa dalam kegiatan kampanye partai politik atau gabungan partai politik dilarang melibatkan pejabat, badan usaha milik negara, pejabat milik daerah, aparatur sipil negara, maupun TNI – Polri termasuk juga Kepala Desa, Lurah dan perangkat Desa lainnya dilarang terlibat dalam kampanye partai politik.

Hal tersebut sudah tertuang dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 dan peraturan undang-undang KPU nomor 4 tahun 2017 yang berkaitan dengan kampanye pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Kepala Desa, Lurah dan perangkat Desa lainnya tidak boleh terlibat langsung dalam politik Praktis. Apakah dia melibatkan diri menjadi tim sukses atau dijadikan seseorang Pasasangan Calon, itu tidak dibolehkan kalau dia masih menjabat sebagai perangkat Desa,” tegas Misrawi saat diwawancarai diruangannya pada Selasa (27/02) pagi.

Misrawi menyebutkan, jika terdapat Kepala Desa, Lurah dan perangkat Desa lainnya yang terlibat langsung dalam politik praktis atau melibatkan diri menjadi tim sukses, sangsi yang akan dapatkan berupa undang – undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Karena Kepala Desa, Lurah dan perangkat Desa lainnya itu diangkat oleh Pemerintah Daerah (Pemda), maka Undang – Undang yang mengatur sangsinya itu adalah Undang – Undang yang berkaitan dalam hal ini,” tutup Misrawi.

(Yudha)

banner 468x60
author

Author: 

Leave a Reply