banner 728x90

DPRD Kubu Raya Akan Dorong Disdikbud untuk Lakukan Persiapan UNBKdengan Matang

Spread the love

KUBU RAYA, INDEPNEWS.Com – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kubu Raya, H. Yuslanik mengatakan masih banyaknya infrastruktur Pendidikan di Kubu Raya yang masih dalam rangka pembenahan membuat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disetiap sekolah cukup sulit untuk di terapkan di Kabupaten Kubu Raya.

Hal ini dilihat dari masih banyaknya sekolah – sekolah di Kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya lokasinya berada didaerah pesisir yang minim akan penerangan, listrik, sinyal, bahkan perangkat komputer.

“Saya rasa program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat tentang pelaksanaan UNBK bisa tercaver sebanyak 70% Sekolah ditiap – tiap Kabupaten dan harus diterapkan di Kabupaten Kubu Raya itu terlalu memaksakan. Karena kita harus melihat, situasi, kondisi, serta kesiapan daerah kita ini terlebih dahulu, khususnya dibidang pembangunan infrastruktur Pendidikan,” ujar H. Yuslanik saat diwawancarai diruangannya pada Kamis (22/2).

H. Yuslanik yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Kubu Raya menilai hal yang tidak kalah penting lainnya adalah pembenahan Sumberdaya Manusia beserta dengan perangkatnya. Agar ketika melaksanakan hal tersebut, tidak menimbulkan masalah – masalah baru, seperti listrik mati, ataupun komputer yang tidak layak dan lain sebagainya.

“Karena kita belum siap. Jadi Pemerintah Daerah melaui Dinas Pendidikan harus berani beragumentasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Dan Pemerintah Pusat, bahwa di Kabupaten Kubu Raya ini belum layak untuk mengcaver pelaksanaan UNBK sebanyak 70% , yang sesuai dengan Program dari Pemerintah Pusat. Kita harus realistis dan sesuai dengan fakta, karena di Kubu Raya faktanya memang kita belum siap,” ucap H. Yuslanik.

H. Yuslanik menerangkan, ditahun sebelumnya Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kubu Raya sudah berhasil, hal ini diungkap dari percontohan – percontohan. Dan pihaknya akan mendorong Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya untuk mematangkan persiapan terkait dengan pelaksanaan UNBK, sehingga bisa terlaksana sesuai dengan program yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Jadi kita harus lakukan persiapan yang benar – benar matang dalam pelaksanaan UNBK ini. Karena Kabupaten Kubu Raya merupakan percontohan dari daerah – daerah yang ada di wilayah Kalimantan Barat. Karena persiapan yang kita lakukan dengan matang itu tujuannya untuk menghindari terjadinya kesalahan teknis. Seperti lampu mati saat pelaksanaan UNBK, sampai dengan adanya komputer – komputer yang rusak. Jadi menurut saya, jika belum siap jangan dilaksanakan. Akan tetapi jika masih terdapat waktu yang cukup panjang, maka kita harus melakukan persiapan – persiapan, agar bisa terhindar dari kendala – kendala yang akan terjadi,” tutup H. Yuslanik dengan tegas.

(Viky / Redaksi)

banner 468x60
author

Author: 

Leave a Reply