banner 728x90

Kondisi Jalan dan Jembatan Menuju Rumah Trans Butuh Bantuan Pemerintah

Spread the love

PIDIE, INDEPNEWS.Com – Kondisi jalan dan Jembatan menuju SP-1 Dan SP-5 Gampong Blang Dalam, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie butuh sentuhan pembangunan dari Pemerintah Setempat, Minggu (07/02/2018).

Sejumlah masyrakat Gampong Blang Dalam, Kecamatan Mane berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pidie agar segera membangun Jembatan di wilayah SP-1 dan SP-2 tersebut.

“Kami sangat membutuhkan bantuan dan pertolongan kepada pemerintah Kabupaten Pidie agar melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan di SP-1 dan SP-5 melihat kondisinya sangat memprihatinkan hingga kerap terjadi longsor,” kata Sulaiman.

Sulaiman juga menyebutkan, “Itu yang menjadi kendala menuju lokasi perkebunan saat ini, warga mengharapkan segera ditanggapi pembangunan sarana jalan dan jembatan yang perlu penanganan segera. Mengingat kawasan itu sering longsor karena tanah perbukitan labil,”

Dikatakannya, ketinggian jalan menuju lokasi sp-1 dan sp-5 yang dikelilingi bukit, bebatuan dan jurang yang terjal, membuat warga sangat sulit melewati menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil. Lebih-lebih kata mukim saat musim penghujan jalan berubah menjadi licin. Sehingga ruas jalan menuju sp1 dan sp-5 mane perlu diratakan atau pembangunan jalan dan jembatan.

Tak hanya itu, katanya, di pinggir jalan juga harus dipasang dinding pengamanan tebing karena jalan sering longsor. Selain itu, kata mukim, pembangunan saluran air harus dilakukan, lantaran selama ini air dari atas bukit mengalir di atas badan jalan yang menyebabkan jalan mudah rusak akibat terkikis.

Selain itu, warga yang memiliki kebun di lokasi sp1 dan sp-5  kesulitan mengangkut hasil panen untuk dijual ke kota kecamatan, menyusul kondisi jalan belum diperbaiki.

Bukan hanya itu, hingga kini satu unit sarana penyeberangan menuju lokasi perkebunan kondisinya cukup memprihatinkan. Yakni, satu jembatan sepanjang 10 meter dan   sarana vital bagi warga transmigrasi. Kata mukim semua sarana tersebut harus dibenahi, agar roda perekonomian warga yang di sp-1 dan sp-5 bangkit kembali. Apalagi, katanya, Pemkab mewacanakan glee, Blang, laot.

Masyarakat Blang Dalam kecamatan mane yang tinggal di wilayah sp-1 sp-5 sangat membutuh kan perbaikan jalan walau tidak di aspal di lakukan pemotongan jalan yang pada saat ini lokasi jalan perkebunan warga penuhi rumput ilalang. Sehingga sulit untuk dilintasi kendaraan roda empat maupun roda dua.

Demikian tanggapan mukim mendengarkan laporan masyarakat blang dalam untuk dapat disampaikan ke pemerintahan kabupaten maupun provinsi.

( Tim Liputan )

banner 468x60
author

Author: