banner 728x90

Bendungan Bonto Jaya Referensi Wisata Alam Baru di Musim Liburan 2018

Spread the love

SELAYAR, INDEPNEWS.Com – Ribuan wisatawan lokal dan domestic memadati lokasi-lokasi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.  Pengunjung yang terdiri dari wisatawan lokal dan domestic memadati hampir semua lokasi pariwisata mulai dari kawasan wisata Pantai Batu Lohe, Pantai Baloiya, Pantai Sunari, Pantai Punagaang di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu.

Di wilayah Kelurahan Putabangun, Kecamatan Bontoharu, masyarakat memilih memadati kawasan bendungan Bonto Jaya yang lokasinya tidak berjauhan dengan kawasan wisata Pondok Abdi  wisatawan terpantau mulai berdatangan sejak dari pagi hingga menjelang petang. Pengunjung datang dengan menggunakan berbagai jenis moda transportasi baik mobil pribadi maupun sepeda motor.

Warga berdatangan dengan membawa berbagai bentuk property mulai dari ban dalam, life jacket, sampai perlengkapan alat music. Salah satu warga bahkan terpantau membawa kompor gas, berikut perlengkapan alat masak, berupa wajan, panci, sampai kepada piring makan.

Acara santap siang digelar warga masyarakat di atas hamparan tikar plastik yang dipasang tidak jauh dari lokasi daerah aliran sungai (DAS) Bonto Jaya. Hari Senin, (01/01) 2018, seolah menjadi awal pengembangan bendungan Bonto Jaya, Kelurahan Putabangun yang mulai dilirik warga sebagai lokasi kunjungan pariwisata baru.

Pengembangan kawasan bendungan Bonto Jaya sebagai pusat kunjungan wisata alam oleh warga, menambah panjang deretan pekerjaan rumah (PR) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang secara tidak langsung dituntut untuk melakukan langkah percepatan pembangunan infrastruktur jalan menuju ke lokasi bendungan Bonto Jaya.

Pihak Pemerintah Kelurahan Putabangun diharapkan dapat lebih aspiratif dan peka dalam menyusun  rencana anggaran pembangunan. Warga berharap, aksesibiltas jalan menuju lokasi bendungan Bonto Jaya dapat dirampungkan proyek pembangunannya paling lambat pada awal tahun 2019 mendatang.

Pengembangan lokasi bendungan Bonto Jaya di wilayah administratif Kelurahan Putabangun cukup beralasan. Sebab di lokasi tersebut, terdapat dua lokasi bendungan air tawar, dan daerah aliran sungai (DAS) yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata alam.

Peluang ini pun ditangkap secara cerdas dan cermat oleh pengelola Kawasan wisata Pondok Abdi. Salah satu, kawasan home stay dan penginapan bertarif Rp. 450.000 per malam dengan daya dukung fasilitas kamar full AC.

Selain fasilitas kamar full AC, sejumlah sarana-prasarana pendukung wisata lainnya juga telah disiapkan oleh pihak pengelola mulai dari ayunan, ruang pertemuan terbuka, sampai dengan sarana gazebo.

Tidak jauh dari kawasan wisata Pondok Abdi, tersedia dua unit bangunan rumah peristrahatan milik warga petani yang dimungkinkan untuk menjadi tempat persinggahan dan peristrahatan bagi pengunjung.

Lokasinya yang terletak jauh dari pusat keramaian kota menjadikan kawasan bendungan Bonto Jaya, menjadi referensi tujuan wisata alam baru di wilayah Kelurahan Putabangun, khusus bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan, rasa lelah dan membutuhkan ketenangan tanpa harus terganggu oleh suara bising kendaraan bermotor.

(Fadly Syarif)

banner 468x60
author

Author: