banner 728x90

4 Partai Pendukung Dampingi Gus Ipul – Puti Daftar Pilgub ke KPU Jatim

Spread the love

SURABAYA, INDEPNEWS.Com – Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Wakil Gubernur Puti Guruh Soekarno dinilai sah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Karena pasangan ini didampingi ketua partai pengusung.

“Proses pencalonan yang dilakukan telah sesuai dengan aturan yang ada,” kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmita.

Eko mengatakan, keabsahan pencalonan pasangan ini diketahui dari empat partai yang mendampingi yakni PKB, PDIP, PKS, dan Gerinda. Empat pimpinan partai ini, lanjut dia menunjukkan aksi yang positif dengan datang secara langsung untuk mendaftarkan calon yang telah diusung.

“Ketua dan Sekretaris Partai pengusung datang semua, ini dianggap sudah sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, kata Eko, pihaknya akan melakukan penelitian mendatang, apakah berkas yang diberikan sudah lengkap atau memang ada yang kurang. Kekurangan ini, nantinya bisa dilengkapi masing-masing pasangan calon.

“Iya kita teliti lagi, apa semua sudah lengkap,” kata dia.

Muhammad Arbayanto, Anggota Bawaslu Jatim mengatakan, dari data yang dimiliki semua dokumen sudah sesuai dengan aturan yang ada. Ada empat partai dengan 58 kursi di DPRD Jatim yang sudah dianggap cukup menurut peraturan untuk mengusung pasangan calon.

“Melihat persyaratan pasangan calon, kita tetapkan sudah cukup. Empat partai dengan suara yang dimiliki sudah bisa mengusung pasangan calon gubernur,” katanya.

Untuk itu akan ada proses lanjutan pada calon yang mendaftar berupa tes kesehatan. Dengan kondisi ini, bisa dipastikan pasangan calon Gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Wakil Gubernur Puti Guruh Soekarno bisa dilanjutkan.

Sementara itu, Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno mendaftar sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur datang pukul 21.15 WIB. Pasangan yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra tersebut tiba di kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis. Kedatangan Gus Ipul-Puti diiringi ribuan pendukungnya, termasuk kesenian tradisional, musik patrol.

Tak itu saja, turut mengantarkan pasangan yang baru mendapat rekomendasi pada hari ini antara lain Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua DPD PDIP Kusnadi, Ketua DPW PKS Arif Hari Setiawan, Ketua DPD Gerindra Jatim Supriyatno beserta pimpinan struktural lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Gus Ipul yang datang mengenakan pakaian putih didampingi istrinya, Fatma Saifullah Yusuf, sedangkan Puti yang mengenakan pakaian merah didampingi sang suami, Joy Kameron.

Sejumlah kepala daerah yang juga kader partai pengusung turut mengantar proses pendaftaran, seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Bupati Sidoarjo Saiful Illah dan beberapa nama lainnya. Sedangkan dari kalangan internal yang hadir adalah Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah beserta Ketua Tim Pemenangan Hikmah Bafaqih serta sekretarisnya, Sri Untari.

( Mdk/Paw-Red )

banner 468x60
author

Author: