banner 728x90

Seminar Refleksi Ahir Tahun 2017 Hukum Nasional

Spread the love

JAKARTA, INDEPNEWS.Com – Karakter hukum merupakan yang terpenting dalam proses pembangunan Nasional. “Jika hukum di ibaratkan rel dan politik diibaratkan lokomotif, maka sering terlihat lokomotif itu keluar dari rel yang Hal yang demikian ini di sampaikan Prof Dr Romli Atmasasmita SH.LL.M dalam seminar Refleksi Ahir Tahun Hukum 2017  Nasional di Hotel Acasia ,Jalan Keramat Raya Jakarta Pusat 21/12/2017  dengan Jelas .

“Perumpaan diatas dapat sedikit menggambarkan mengenai relasi antara politik dan hukum. “Hukum itu sendiri merupakan suatu ilmu yang kompleks sehingga hukum dapat dipelajari dari berbagai sudut pandang termasuk dari sudut pandang politik.ujarnya

“Kemudian hukum dan politik masing-masing merupakan ilmu yang berdiri sendiri dan mandiri, namun keduanya memiliki keterikatan sangat penting satu sama lain, “Dimana satu disiplin ilmu tidak memiliki makna apa-apa tanpa melibatkan disiplin hukum yang lain.ucap Prof Dr Romli dengan jelas.

“Sementara Kata Hasto Kristianto (Sekjend PP PDIP) menjelaskan Masyarakat hukum, Indonesia, Pancasila merupakan sistem nilai, sekaligus penentu ke arah kebijakan program pembangunan.

“Sistem hukum Nasional dan ini sejalan dengan krakter hukum masyarakat indonesia yang tercermin dari lima sila dari pancasila. Tambah Hasto, “Politik Hukum adalah aktivitas untuk menentukan suatu pilihan mengenai tujuan. Cara ini adalah kebijaksanaan penyelenggara Negara tentang apa yang dijadikan kriteria untuk menghukum  sesuatu.”

“Tujuaan hukum itu di tegakkan ini tercantum dalam  UUD 1945, dengan tujuan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk  memajukan kehidupan bangsa yang terti damai dan sejahtera,” tutupnya.

 

(A Nasution)

banner 468x60
Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan