banner 728x90

Kodim 1204 Sanggau Kapuas Siagakan Pasukan untuk Antisipasi Bencana Alam

Spread the love

SANGGAU, INDEPNEWS.Com – Menurut Letkol Inf. Herry Purwanto Komando Distrik Militer (Kodim) 1204 Sanggau Telah Siap dalam Mensiagakan Prajurit TNI dalam beberapa hari belakangan. Bukan untuk berperang, tetapi bersiap untuk membantu masyarakat yang menghadapi bencana akibat cuaca ekstrem.

Hal tersebut merupakan perintah langsung dari Kodam XII Tangjungpura. Tidak hanya bersiaga dalam hal penanganan bencana tetapi juga dalam hal menjaga keamanan menjelang Pemilihan 2018 Bupati dan Wakil Bupati Sanggau yang akan datang.

“Menindaklanjuti perintah dari atasan, saya perintahkan anggota untuk siaga satu,” ujar Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf. Herry Purwanto, Rabu (07/12).

Menurutnya, saat ini Sanggau sudah memiliki Satuan Tugas Tanggap bencana yang tidak hanya mengurusi bencana banjir, angin puting beliung dan longsor tetapi juga mengurusi kebakaran hutan dan lahan.

“Timnya sudah kami siapkan. Apabila ada bencana mereka sudah siap. Apalagi musim penghujan sekarang, tentu harus siap dengan segala kemungkinan bencana yang datang tiba-tiba,” jelasnya.

Sejauh ini, dia belum menerima laporan terjadinya bencana yang mengkhawatirkan dari tim yang berada di lapangan. “Belum ada, dan jangan sampai ada,” tegasnya.

“Saat terjadi Angin kencang belum lama ini, saya sempat khawatir. Saya telepon anggota di lapangan untuk mencari Informasi, bisa jadi ada bencana di lokasi yang jauh dari monitoring tetapi syukur belum ada terjadi seperti yang ditakutkan,” tambahnya.

Salah Satu Sebagai langkah siap Antisipasi menghadapi, pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanggau. Selain itu, berkoordinasi juga dengan kepolisian dan dinas sosial.

“Saya mau tegaskan kembali bahwa TNI selalu siap, kapan pun waktunya dan dimana pun kejadiannya. Kami siap membantu masyarakat dalam menghadapi bencana,” Tehgas Dirinya.

 

(Tim Reporter/Red)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan