banner 728x90

BNN Serius Tahun Ini Pegedar dan Pengguna Narkoba Kalbar Menurun

Spread the love

PONTIANAK, INDEPNEWS.Com – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Brigjen Pol. Drs. Nasrullah SA. MHum mengungkapkan bahwa Tahun lalu, untuk Narkotika jenis sabu yang berhasil diungkap oleh aparat sebanyak 160 kg, dan untuk Tahun sekarang sudah 143 kg, dari Bulan Januari Tahun 2017 sampai dengan sekarang. Hal tersebut diungkapkannya saat diwawancarai di kantor BNN Jl. Parit Haji Husein 2, pada Selasa (5/12) Sore .

“Memang itu hanya 20% nya ataupun dibawah 20%, jadi sudah banyak barang Narkotika yang sudah dinikmati oleh masyarakat, ataupun oleh para pecandu di Kalimantan Barat, atau yang sudah diedarkan ketempat lain,” ungkapnya.

“Ini memang sangat riskan sekali, seolah olah daerah Kalimantan Barat memang jadi tempat yang paling nyaman bagi para pengedar, untuk mengedarkan barangnya di wilayah Kalimantan Barat.”

Dirinya juga menerangkan, bahwa hasil dari penelitian ada 65.000 pecandu yang ada di wilayah Kalbar dilihat dari data tahun 2015 .

“Tentunya dalam hal ini semua aparat sudah bekerja sebagai mana mestinya, cuma belum optimal saja, mungkin dikarenakan keterbatasan personil yang memang khusus menangani nya .”

Karena panjang nya wilayah perbatasan sekitar 966 KM, dengan menggunakan pagar betis saja dan sebagainya belum tentu pihaknya bisa menangani peredaran barang tersebut, dan barang-barang yang masuk pun ada yang tidak terkafer oleh suatu peralatan yang sederhana saja, sehingga barang yang pihaknya bisa menangkap pada saat sudah Melawati perbatasan .

“Itu yang ketangkap, yang tidak yaa cukup banyak, paling banyak 20% yang ketangkap oleh aparat, kemungkinan yang 80%nya sudah lolos, oleh karena itu untuk sekarang pengungkapan mengenai Narkotika tidak hanya Narkotika saja, semua kekayaan dari bandar yang memang kekayaannya banyak itu juga dilaksanakan tindak pidana pencucian uang, yaitu ada proses lain untuk penanganan dari bandar Narkotika.”

Dirinya juga mengharapkan bahwa para bandar tersebut setelah diproses, tidak bisa lagi melakukan apa-apa dalam artian dimiskinkan .

 

(Yuda/Tim)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan